DetikNews
Selasa 30 Mei 2017, 17:08 WIB

Viral di Medsos, Bripka Ase Kuat Menahan Hujan dan Panas Saat Bertugas

Syahdan Alamsyah - detikNews
Viral di Medsos, Bripka Ase Kuat Menahan Hujan dan Panas Saat Bertugas Foto: Syahdan Alamsyah
Cianjur - Bripka Ase Kusmana (54) anggota Unit Lalu Lintas Polsek Pacet, Resor Cianjur, Jawa Barat mendadak ngehits di media sosial Facebook karena sikapnya yang ramah dan bersahaja saat bertugas. Warga Kecamatan Cipanas tempat Ase mengabdi bahkan memberikan gelar legendaris kepada polisi yang 29 tahun mengatur lalu lintas di sekitar Pasar Cipanas. Ia sendiri sudah 35 tahun menjadi polisi.

Meski usianya tidak lagi muda, Ase dikenal jarang mengeluh lelah saat bertugas. Tak aneh jika ada warga yang menyebut Ase sebagai polisi batu karena selalu saja terlihat di titik tugasnya di Pos 55 atau 6 Cepu Pasar Cipanas.

"Saya jadi seram sendiri kalau liat pak Ase, mau hujan mau panas pasti selalu terlihat berdiri di situ. Kalau kita asal mutar dan bikin macet pasti beliau nyamperin dan negur, kita bukan takut ditilang tapi sikap beliau yang sopan malah bikin kita malu," kata Burhan (40) sopir angkutan Pasar Cipanas kepada detikcom, Selasa (30/5/2017) siang.

Baca juga: Berkenalan dengan Polisi "Legendaris" yang Viral dari Cianjur

Burhan dan rekan-rekannya mengaku mengenal Ase dengan baik, meski tak galak banyak sopir yang segan dengan sosok Ase. Ase terbilang paling pelit mengeluarkan surat tilang.

"Beliau dengan pasar Cipanas sepertinya sudah mendarah daging, kalau sehari tidak ada pak Ase seperti ada yang kurang," guraunya.

Sikap kukuh Ase juga dikomplain pimpinannya sendiri Kapolsek Pacet AKP Rusdi Hayat SH. Ia mengaku sering menegur anak buahnya itu karena terlalu betah berlama-lama di jalan.

"Saya selalu tegur jangan lama-lama di jalan, kan sudah tua, yang muda kan ada takut sakit, dia malah jawab kasian banyak yang nyebrang, nyebrangkan anak-anak. Saya patroli udah muter beberapa kali terus balik ke kantor sorenya saya ke situ lagi dia masih saja bertahan. Satu lagi, dia kalau udah waktu pulang, pulang ditunggu sOpir angkot karena hanya itu satu-satunya aksesnya untuk pulang," beber Rusdi.

Bripka Ase hanya tertawa mendengar cerita supir dan pimpinannya, Ase menyebut ketika rasa ikhlas tumbuh dalam dirinya maka lelah tidak akan terasa. Titik tempat Ase jaga dan atur lalu lintas memang berada di persimpangan jalan di antara pasar Cipanas.

"Coba liat aja nama saya, Ase coba ngeja huruf terakhirnya jangan pakai cengkok sunda (AC/Air Conditioner). Jadi saya selalu segar, mau panas mau kering mau situasi apa saja, bahkan rekan kerja saya manggil saya dengan sebutan Ace," kata Ase sambil tersenyum.

Ase mengungkapkan empat tahun lagi sudah pensiun. Mengejar pangkat dan jabatan sudah bukan waktunya lagi untuknya. Menurut Ase dulunya ia masuk Polri tahun 82 sebagai Tamtama, karena dari tahun 1983 ke bawah tidak ada Secaba umum membuat Ase mentok dipangkat hingga sekarang.

"Keburu habis sama usia akhirnya, paling banter kalaupun naik Aipda toh 4 tahun lagi saya pensiun. Saya suka senyum aja banyak teman satu leting yang kebanyakan sudah berpangkat AKP dan jadi Kapolsek, ngiri nggak ya kalau masalah pengabdian kan sama bekerja untuk masyarakat," tutupnya bijak.

Bagi yang kerap melewati Pasar Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, pasti tak asing dengan wajah bapak polisi satu ini. Selama 29 tahun, Bripka Ase Kusmana (54), mengatur lalu lintas di tempat yang sama. Kini kebaikannya kepada warga yang melintas tengah ramai dibahas netizen.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed