DetikNews
Selasa 30 Mei 2017, 16:16 WIB

Wiranto: 100 Negara Komitmen Perangi Terorisme

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Wiranto: 100 Negara Komitmen Perangi Terorisme Menkopolhukam Wiranto/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Wiranto menceritakan terorisme menjadi ancaman di seluruh negara. Wiranto menyebut ada 100 negara yang sepakat untuk memerangi terorisme.

"Masalah terorisme, kebetulan saya baru pulang dari Riyadh dan Rusia, khusus bicara terorisme bagaimana semua negara sepakat itu menjadi musuh bersama," kata Wiranto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Wiranto lalu bercerita soal hasil kunjungannya ke Rusia. Menurutnya, ada 100 negara yang sama-sama sepakat menanggulangi terorisme.

"Karena musuh bersama, harus dihadapi bersama-sama sehingga ada satu komitmen negara-negara, bahkan di Rusia, 100 negara hadir berkomitmen menanggulangi gerakan terorisme," papar Wiranto.

Dia berkata negara-negara tersebut akan melakukan sejumlah kesepakatan dan strategi penanganan tetorisme. Komunikasi hingga pertukaran informasi akan digalakkan.

"Caranya saling bertukar intelijen, memperkuat sistem siber kita yang sudah digunakan teroris, memotong jalur logistik mereka, bertukar pengalaman tentang bagaimana memerangi terorisme," sebut Wiranto.

Dalam pertemuan itu, Wiranto menyebut Indonesia sering dimintai tanggapan terkait upaya pencegahan terorisme. Pendekatan melalui deradikalisasi mendapat apresiasi.

"Indonesia dianggap lebih maju penanganan terorisme dengan cara soft approach, deradikalisasi. Sudah maju duluan," tandasnya.
(gbr/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed