DetikNews
Selasa 30 Mei 2017, 10:17 WIB

Pimpinan DPR: Keterlibatan TNI dalam RUU Terorisme Positif

Andhika Prasetia - detikNews
Pimpinan DPR: Keterlibatan TNI dalam RUU Terorisme Positif Foto: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Wakil ketua DPR Agus Hermanto mendukung keterlibatan TNI dalam pemberantasan terorisme. Tetapi, keterlibatan TNI nantinya bukan untuk memperlemah kepolisian.

"Menurut kami, keterlibatan TNI tentunya bukan kita memperlemah kepolisian. Tindakan yang sinergis lebih mengena dalam tindakan terorisme. Saya melihat hal ini positif," ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Menurut Agus keterlibatan TNI dapat memberikan nuansa dan pandangan yang lebih tepat. Sebab TNI disebutnya memiliki pendidikan intelijen dan penanggulangan terorisme.

Selain itu, TNI menurutnya memiliki keahlian dalam pemberantasan terorisme. Agus berharap, keterlibatan TNI-Polri dapat memberantas terorisme secara efektif.

"Untuk antiterorisme, TNI memiliki keahlian itu. Jika permasalahan diserahkan pada ahlinya, jauh lebih bagus. Polisi pun memiliki keahlian, TNI juga memiliki keahlian," sebut politikus Partai Demokrat itu.

"Apabila 2 ini sinergi, jadi lebih cepat, lebih dini, dan akan lebih tindakan yang terbaik," imbuh Agus.

Dia pun optimis revisi UU Nomor 15/2003 tentang Tindak Pidana Terorisme segera disahkan di Paripurna DPR. Alasannya, kata Agus, UU tersebut dibutuhkan untuk mencegah dan memberantas tindakan terorisme.

"UU terorisme ini sudah sangat dibutuhkan sehingga Pansus sangat fokus, saya melihat tak lama lagi ini diketok dan disahkan di Paripurna," ucapnya.

"Karena kebutuhan yang saling membutuhkan masalah UU terorisme ini sehingga lebih mengena dan tepat menangani terorisme juga bisa melakukan tindakan dini," tutup Agus.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed