#TanyaUstazAdi Berkumur Saat Wudhu Batalkan Puasa?

Tim detikRamadan - detikNews
Senin, 29 Mei 2017 15:59 WIB
Foto: 20detik
Jakarta - Salah satu tata cara dalam berwudhu adalah berkumur-kumur. Lalu bagaimana saat berpuasa, apakah dapat membatalkan?

Ustaz Adi Hidayat Lc, MA menjelaskan bahwa cara berwudhu pada saat bulan Ramadan dan di luar bulan Ramadan sama saja. Hanya saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar puasa tidak batal.

"Sesungguhnya cara wudhu saat Ramadan tidak ada bedanya dengan cara wudhu di luar Ramadan, seperti wudhu hendak menunaikan salat. Hanya barangkali dalam sunnah-sunnah wudhu, yang berpotensi membatalkan puasa, atau makruh, maka Anda diminta berhati-hati, bahkan meninggalkan sebagiannya," ujar Ustaz Adi, Senin (29/5/2017).

Uztaz Adi menjelaskan salah satu yang harus diperhatikan adalah saat berkumur-kumur. Selain itu, saat sedang ber-istinsyaq atau menghisap air ke hidung.

"Seperti saat berkumur-kumur, maka Anda harus hati-hati agar tidak berlebihan misalnya menelan air. Dan sunnah istinsyaq, atau menghisap air ke hidung bisa ditinggalkan karena berpotensi memnbatalkan puasa Anda," katanya.

Baca: #TanyaUstazAdi Benarkah Hadis tentang Awal-Tengah-Akhir Ramadan?

Ustaz Adi menegaskan sekali lagi bahwa tidak ada perbedaan cara berwudhu saat bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan. Sehingga Anda disarankan berwudhu sebagaimana berwudhu ketika hendak salat.

"Tapi Anda bisa meninggalkan sunnah tertentu seperti istinsyaq, dan berhati dalam berkumur, sehingga tidak ada kesan Ansa menari celah menelan air,"ungkapnya.

Anda bisa menyaksikan program tanya-jawab bersama Ustaz Adi setiap hari di ramadan.detik.com. Setiap hari, bakal ada satu video tanya-jawab yang ditayangkan serta jawaban ustaz. Semoga menambah ilmu dan manfaat di bulan penuh hikmah ini.

[Gambas:Video 20detik]

(ega/nwk)