Mendagri Janjikan Semua Warga Dapat e-KTP di Akhir Tahun 2017

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 29 Mei 2017 15:08 WIB
Ilustrasi. Foto: Tim Infografis/detikcom
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjanjikan blanko e-KTP akan selesai dicetak pada akhir tahun 2017. Tjahjo akan segera memerintahkan jajarannya mendistribusikan 4,6 juta blanko e-KTP ke seluruh wilayah di Indonesia.

"Akhir tahun ini selesai mencetaknya. 4,6 juta dan cadangan 3 juta (blanko e-KTP) selesai Oktober ini, bertahap," kata Tjahjo di Kantor BPK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (29/5/2017).

Tjahjo berpesan agar masyarakat aktif untuk melakukan perekaman ke e-KTP. Dirinya berharap e-KTP sudah dapat digunakan pada Pilkada serentak 2018.

"Partisipasi masyarakat harus ikut aktif. Nggak mungkin kami door to door. Nah sekarang kita minimal merekam datanya itu saja. Sehingga data akan bisa dipakai secara optimal untuk pilkada serentak 2018," ucap Tjahjo.

Seperti diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mencetak 7 juta blangko KTP elektronik (e-KTP) untuk mengganti surat keterangan (suket) dan blanko e-KTP rusak. Ditargetkan pada Oktober 2017 nanti, pencetakan blanko e-KTP akan selesai dan segera dibagikan.

"Ada 7 juta blanko e-KTP yang akan dicetak. Sebagian sudah masuk cetak. Sebagian lagi belum karena prosesnya cetaknya bertahap," ujar Tjahjo sebelumnya di UGM, Kamis (27/4). (fdu/elz)