DetikNews
Minggu 28 Mei 2017, 03:10 WIB

Mensos Ajak Warga Suku Baduy Tamasya ke Jakarta usai Lebaran

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Mensos Ajak Warga Suku Baduy Tamasya ke Jakarta usai Lebaran Mensos ajak masyarakat Kampung Baduy Luar berkunjung ke Jakarta.Foto: Bahtiar Rifai/detikcom
Lebak - Dalam kunjungannya ke Baduy Luar di kampung Cisaban, Desa Kanekes, Lebak, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak ibu-ibu dan anak-anak berkunjung ke Jakarta. Ajakan ini diberikan pasca dirinya meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan satu kampung adat Baduy.

"Siapa yang mau ke Jakarta. Nanti lihat Taman Mini, lihat Monas. Nanti ya abis lebaran," kata Khofifah saat berbincang-bincang dengan ibu-ibu suku Baduy Luar di Lebak, Sabtu (27/5/2017).

Khofifah mengatakan bahwa dirinya terkesan dengan keramahan yang dimiliki suku adat Baduy. Apalagi ada banyak keluarga dan anak-anak yang kehilangan rumah akibat kebakaran yang diduga dari tungku warga saat memasak gula aren tersebut.

"Saya melihat jumlah anak cukup banyak, ada senyum ramah dari ibu-ibu di sini. Saya menawarkan untuk ke Jakarta dan responsnya sangat membahagiakan," ucap Khofifah.

Rencananya, para ibu dan anak-anak ini akan dibawa ke Jakarta setelah lebaran pada tanggal 23 Juli nanti. Kebetulan tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Di Kementerian Sosial sendiri juga ada hari yang dinamakan one day for childrens.

"Kita ingin memberikan apresiasi anak di sini, supaya mengenal ibu kota negerinya. Supaya termotivasi," tuturnya.

"Kelak mereka juga akan bisa membangun kehidupannya dengan lebih strategis lagi," tambah Khofifah.

Ke depan, pemberdayaan masyarakat terpencil seperti di Baduy akan terus didorong oleh Kemensos. Apalagi di Kemensos ada direktorat yang mengurus soal komunitas adat terpencil seperti suku Anak Dalam di Jambi, Dayak di Kalimantan dan Baduy di Banten.

"Harapannya pemberdayaan sosial kita dorong, apalagi tenun ibu-ibu di Baduy kan bagus," sebut Khofifah.


(bri/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed