DetikNews
Jumat 26 Mei 2017, 18:53 WIB

Ketua MPR: Pancasilais Itu Pemimpin yang Berpihak pada Rakyat

Mustiana Lestari - detikNews
Ketua MPR: Pancasilais Itu Pemimpin yang Berpihak pada Rakyat Foto: Dok MPR
Purwakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan indikator Pancasilais bukan berdasarkan pada pilihan politik. Sebab, indikator seperti itu bisa menyebabkan perpecahan.

"Jadi ada pandangan kalau memilih si A berarti dia Pancasilais. Sebaliknya kalau tidak memilih berarti anti-Pancasila. Ini indikator yang salah dan keliru," kata Zulkifli dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (26/5/2017).

Argumen tersebut dia sampaikan dalam Kuliah Umum bertajuk 'Desa Spirit Kebangsaan' di Pendopo Kabupaten Purwakarta.

Menurut Zulkifli, pemimpin yang Pancasilais itu dilihat dari kinerja dalam memimpin dan melayani rakyat. "Pancasilais itu kepala daerah yang berpihak pada rakyat. Pemimpin yang membangun infrastruktur desa demi kemajuan rakyatnya," tambah dia.

Apalagi tanggung jawab pemimpin seperti ini, telah ada di dalam Pancasila sila ketiga. "Persoalan kita saat ini adalah implementasi UUD NKRI 1945 dan Pancasila. Kalau Pancasila dan UUD 1945 diimplementasikan dengan benar, niscaya tidak ada lagi kesenjangan," lanjut dia.

Sementara Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan. Dedi menilai Ketua DPP PAN ini berusaha untuk menyerap aspirasi rakyat.

"Semoga aspirasi dari seluruh Indonesia itu bisa diterima sebagai masukan untuk merekat ke-Bhinneka-an kita dengan lebih kuat," tutup Dedi.
(ega/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed