DetikNews
Kamis 25 Mei 2017, 17:53 WIB

Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester Arena

Dhani Irawan - detikNews
Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester Arena Lokasi bom di Kampung Melayu (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
FOKUS BERITA: Bom di Kampung Melayu
Jakarta - Polisi mengidentifikasi jenis bom yang meledak di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Bom yang dirakit itu berupa bom panci.

Dari informasi yang dihimpun, komposisi bom itu hampir sama dengan bom yang meledak di Manchester Arena usai konser Ariana Grande pada Senin, 22 Mei lalu. Dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto merinci serpihan bom yang meledak di Kampung Melayu.

Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester ArenaKadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menunjukkan foto barang bukti (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)

Setyo mengatakan ada serpihan logam, serpihan kain, serta gotri ditemukan di lokasi. Komposisi itu mirip dengan bom yang meledak di Manchester Arena.

"Ini foto barang bukti yang ditemukan di TKP (tempat kejadian perkara), ditemukan teman-teman yang mengolah TKP tadi malam. Ada serpihan logam, ada serpihan kain, gotri. Ada beberapa yang sudah dimasukkan ke dalam plastik untuk pengamanan," ucap Setyo, Kamis (25/5/2017).

Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester ArenaBarang bukti dari bom Kampung Melayu (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)

Selain itu, Kabag Mitra Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono juga mengatakan bila bom itu disimpan di dalam ransel. Barang bukti berupa serpihan kain juga merujuk pada dugaan tersebut.

"Diperkirakan di dalam, diperkirakan ransel," kata Awi di tempat yang sama.

Sementara itu, dari foto eksklusif yang dirilis media Amerika Serikat (AS) New York Times (NYT), tampak pula komposisi bom yang meledak di Manchester Arena. Bom itu disebut dipenuhi mur dan sekrup.

Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester ArenaPotongan ransel yang diduga dipakai pengebom Manchester Foto: New York Times

Bom itu juga disebut dimuat ke dalam sebuah tas ransel atau rompi merek Karrimor. Delapan foto eksklusif yang dipublikasikan NYT tidak diketahui pasti sumbernya, namun kemungkinan besar berasal dari Kepolisian Manchester.

Foto-foto itu menunjukkan potongan tas ransel yang diduga dipakai pelaku, kemudian benda logam berbentuk tabung kecil berlumuran darah yang diduga detonator, serpihan mur dan sekrup di lantai, dan kerangka baterai 12 volt yang hangus, yang diduga digunakan sebagai daya bom rakitan itu.

Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester ArenaSerpihan sekrup di lokasi ledakan Manchester (New York Times)

Bom rakitan yang diledakkan Salman Abedi, sebut NYT, kemungkinan besar ditempatkan di dalam tas ransel, tapi bisa juga disembunyikan di dalam rompi. Potongan kain tas ransel ditemukan di lokasi dalam keadaan terkoyak.

Foto-foto dari lokasi kejadian itu menunjukkan, pelaku -- atau mungkin dibantu tim khusus -- memiliki detonator jarak jauh, yang dimaksudkan untuk menjadi back-up jika detonator yang dipegang pelaku tidak berfungsi maksimal. Puing detonator yang dipegang pelaku, telah ditemukan di lokasi.

Namun menurut NYT, analisis awal tidak menunjukkan secara spesifik soal ukuran maupun jenis peledak yang digunakan dalam serangan bom itu.

Membandingkan Racikan Bom Kampung Melayu dengan Manchester ArenaLokasi ledakan di Manchester Arena (Foto: Reuters/Jon Super)

Kendati demikian, foto-foto mur dan sekrup yang tersebar di lokasi ledakan, ditambah kerusakan yang dipicu oleh bom itu di lokasi. NYT menyebut, jejak mur dan sekrup terlihat jelas di lokasi ledakan. Mur dan sekrup dilaporkan hingga menembus pintu logam dan meninggalkan bekas mendalam di dinding arena konser.

Hal itu ditambah dengan letak jenazah para korban yang disebut berada di sekeliling pelaku, membentuk pola lingkaran. Mayat pelaku sendiri ditemukan tidak utuh, dengan bagian torso terlempar jauh dari lokasi inti yang diduga kuat sebagai lokasi ledakan.

"Semua ini mengindikasikan daya yang sangat kuat dan cepat, dan sebuah bom yang isinya dikemas secara hati-hati dan sama rata," sebut NYT.


(dhn/fjp)
FOKUS BERITA: Bom di Kampung Melayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed