DetikNews
Kamis 25 Mei 2017, 15:24 WIB

Bom Kampung Melayu, PM Australia Hubungi Jokowi Ucapkan Belasungkawa

Rina Atriana - detikNews
Bom Kampung Melayu, PM Australia Hubungi Jokowi Ucapkan Belasungkawa Presiden Jokowi dan PM Malcolm Turnbull di KTT IORA (Foto: Bagus Prihantoro/detikcom)
FOKUS BERITA: Bom di Kampung Melayu
Jakarta -

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menghubungi Presiden Joko Widodo menyusul insiden bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Turnbull mengucapkan belasungkawa sekaligus mengutuk aksi teror tersebut.

"Pagi ini, saya telah berbicara dengan Presiden Indonesia, untuk menyampaikan belasungkawa dan memperkuat dukungan kita untuk Indonesia karena kita mengutuk serangan teroris pada masyarakat sipil dan polisi di Jakarta tadi malam," kata Turnbull dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (25/5/2017).

Turnbull mengatakan, semua pihak harus belajar dari kejadian yang sudah terjadi. Serta harus terus mempertajam tekad untuk mengalahkan teroris.

"Sementara kita berduka, kita harus belajar dari kejadian-kejadian ini dan mempertajam tekad kita untuk mengalahkan teroris di dalam dan di luar negeri," tutur Turnbull.

Baca juga: Teror Bom di Kampung Melayu, Australia Minta Warganya Lebih Waspada

Bom Kampung Melayu, PM Australia Hubungi Jokowi Ucapkan BelasungkawaSalah satu lokasi meledaknya bom di Kampung Melayu (Foto: Ahmad Mustaqim/detikcom)
Sebelumnya, Pemerintah Australia merilis imbauan perjalanan untuk wilayah Indonesia setelah ledakan bom di Kampung Melayu. Australia mengimbau warganya yang berada di Indonesia selalu waspada terhadap kondisi sekitar.

"Para pelancong diingatkan soal ancaman tinggi serangan teroris yang terus berlangsung di Indonesia," demikian bunyi imbauan perjalanan atau travel advisory dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT), seperti dikutip detikcom pada Kamis (25/5).

"Pada 24 Mei, diduga aksi bom bunuh diri terjadi di terminal bus Kampung Melayu di Jakarta Timur menewaskan sejumlah personel kepolisian dan melukai orang-orang yang melintas," demikian pernyataan DFAT.

"Waspada dengan sekitar Anda. Pantau media untuk perkembangan situasi yang mungkin berdampak pada keselamatan dan keamanan Anda," ujar DFAT untuk warga Australia di wilayah Indonesia.
(rna/fjp)
FOKUS BERITA: Bom di Kampung Melayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed