Bom Kampung Melayu, Jokowi Serukan Semua Anak Bangsa Tetap Tenang

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 25 Mei 2017 09:30 WIB
Jokowi berbicara tentang bom Kampung Melayu. (Danu Damarjati/detikcom)
Surakarta - Presiden Joko Widodo menyerukan seluruh anak bangsa di pelosok Tanah Air tetap tenang menyusul bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Segenap masyarakat juga diminta menjaga persatuan.



"Saya serukan agar semua anak bangsa di seluruh pelosok Tanah Air tetap tenang dan tetap menjaga persatuan. Kita harus terus jaga ketenangan, kesejukan, karena hari-hari ini kita umat muslim sedang mempersiapkan diri untuk masuk bulan Ramadan untuk menjalankan ibadah puasa," kata Jokowi di depan kediamannya, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2017).

Menurut Jokowi, peristiwa bom di Kampung Melayu sudah keterlaluan. "Ini sudah keterlaluan. Korban-korban yang ada, tukang ojek jadi korban, sopir angkot jadi korban, penjual lapak kelontong jadi korban, polisi jadi korban," ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan dukacita yang mendalam untuk para korban. "Saya sampaikan rasa duka yang mendalam pada para korban dan warganya, baik yang masih di rumah sakit maupun yang meninggal, terutama pada aparat kepolisian yang gugur dalam menjalankan tugas," ungkap Jokowi.

Ledakan bom terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (24/5), dan disusul ledakan kedua selang 5 menit kemudian. Tiga polisi meninggal dunia dan 10 orang luka-luka. (aan/fjp)