Ahok Mundur, Mendagri Masih Tunggu Jaksa Soal Banding

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 24 Mei 2017 19:07 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo / Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai gubernur DKI Jakarta. Mendagri Tjahjo Kumolo saat ini tinggal menunggu upaya banding yang diajukan jaksa sebelum memutuskan status Ahok.



"Mendagri belum memproses, menunggu jaksa yang mau mengajukan banding. Ini ada 2 pihak, jaksa dengan Pak Ahok dan penasihat hukumnya. Yang penting, apa pun nanti yang dilakukan tidak ada pengisian jabatan wagub baru, batasnya singkat sampai Oktober. Itu saja," ujar Tjahjo di kompleks parlemen, Senayan, Jakpus, Rabu (24/5/2017).



Tjahjo tidak mau terburu-buru untuk memberhentikan Ahok. Pihaknya masih menunggu upaya banding dari jaksa.

"Kalau saya berpegang pada Pak Ahok saja ya sudah lewat istrinya tidak mengajukan banding. Kalau saya ambil 1 poin ini, pengajuan surat pada pusat tahu-tahu jaksa banding ya saya salah," kata Tjahjo.

Tjahjo mengakui belum menerima surat pengunduran diri dari Ahok. Ia juga belum mengetahui apakah Ahok sudah mengirim surat tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

"Oh iya, tapi saya belum terima resminya," ucapnya.



Sebelumnya, Ahok mengajukan pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta kepada Jokowi. Tim pengacara mengatakan alasan pengunduran diri Ahok agar tidak membebani Jokowi.

"Iya betul sudah mengajukan surat pengunduran diri. Beliau mengajukan agar tidak membebani Presiden," ujar anggota pengacara Ahok, I Wayan Sudirta kepada detikcom, Rabu (24/5). (dkp/imk)