Jokowi Anugerahi Raja Swedia Bintang RI Adipurna

Ray Jordan - detikNews
Senin, 22 Mei 2017 15:56 WIB
Foto: Ray Jordan/detikcom
Bogor - Presiden Joko Widodo menganugerahkan Bintang Republik Indonesia kepada Raja Swedia Carl XVI Gustaf. Pemerintah Indonesia menilai Raja Gustaf berjasa bagi hubungan baik Indonesia dengan Swedia.

Penganugerahan tersebut dilakukan Jokowi kepada Raja Gustaf seusai pertemuan bilateral dan penandatanganan nota kesepahaman bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (22/5/2017).

Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Laksma TNI Suyono Thamrin, dalam keterangan tertulis, menjelaskan penganugerahan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Carl XVI Gustaf tersebut telah ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 51 /TK/Tahun 2017 tertanggal 19 Mei 2017.

"Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan telah memberikan pertimbangan dan rekomendasi kepada Presiden RI atas usulan pemberian Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia kepada Raja Swedia Sri Baginda Raja Carl XVI Gustaf sesuai surat Menteri Luar Negeri Nomor 263/PK/05/2017/O4/01 tanggal 15 Mei 2017," kata Suyono.

Suyono mengatakan pihaknya, dalam memberikan pertimbangan dan rekomendasi kepada Presiden, berpedoman pada Pasal 38 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, yaitu:

(1) Tanda Jasa dan/atau Tanda Kehormatan dapat diberikan kepada WNA. (2) WNA yang menerima Tanda Jasa atau Tanda Kehormatan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 harus memenuhi: a. Kesetaraan hubungan timbal balik kenegaraan; dan/atau b. Berjasa besar pada Bangsa dan Negara Indonesia.

"Pemberian Tanda Kehormatan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang sangat luar biasa di berbagai bidang yang sangat berguna bagi kelangsungan hubungan baik kedua bangsa dan negara serta atas pertimbangan kesetaraan hubungan timbal balik kenegaraan di mana Presiden Jokowi juga menerima The Royal Order of The Seraphim (medali tertinggi yang hanya diberikan kepada kepala negara asing dan keluarga Kerajaan Swedia) dari Raja Swedia," tutur Suyono. (jor/aan)