DetikNews
Senin 22 Mei 2017, 09:02 WIB

KM Mutiara Masih Berasap Jadi Kendala KNKT Lakukan Investigasi

Hary Lukita Wardani - detikNews
KM Mutiara Masih Berasap Jadi Kendala KNKT Lakukan Investigasi Ilustrasi KM Mutiara/ Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta - Hingga saat ini Kapal Motor (KM) Mutiara di perairan Masalembo, Sumenep, Madura, masih berasap. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut hal itu menjadi kendala bagi tim untuk melakukan investigasi.



"Kapalnya masih berasap dan cukup banyak, sehingga kita belum dapat masuk. Kita kan perlu masuk untuk lihat posisi truknya di mana, nomor polisinya berapa, membawa barang apa dan siapa pengemudi dan yang punya truk tersebut," jelas Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono saat dihubungi detikcom, Minggu (21/5/2017).

Soerjanto mengatakan karena kondisi berasap itu, saat ini belum ada tim yang bisa masuk ke dalam kapal untuk menginvestigasi penyebab kebakaran KM Mutiara itu. Saat ini dia menunggu situasi.

"Kita tunggu sampai seminggu atau dua minggu (untuk investigasi), semua tergantung situasi," imbuhnya.

Dia mengatakan saat ini sudah melakukan wawancara dengan kru kapal dan meminta sertifikat yang berkaitan dengan kapal. Besok Selasa (23/5) rencananya dia dan tim akan meninjau kondisi kapal.

"Hari ini kita meminta dokumen di darat. Lalu lakukan wawancara dengan kru, meminta sertifikat yang berkaitan dengan kapal. Selasa rencananya tim akan ke Maselembo untuk melihat kondisi kapal," ujarnya.

Soerjanto enggan mengomentari soal dugaan kendaraan yang membawa tabung gas sebagai penyebab kebakaran. Selama investigasi masih berlangsung dia belum mau bicara banyak.

"Kalau kami di KNKT tidak berkaitan dengan sanksi. Kami hanya melakukan investigasi dan mengutamakan keselamatan agar tidak terjadi lagi dikemudian hari," ungkapnya.


(lkw/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed