Antisipasi Macet Lebaran di Cipali, Menhub: Kita Buka Tutup Jalan

Akhmad Mustaqim - detikNews
Minggu, 21 Mei 2017 22:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Akhmad Mustaqim-detikcom
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Akhmad Mustaqim-detikcom
Majalengka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memberlakukan sistem buka tutup di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) saat mudik Lebaran 2017 nanti. Menurutnya sistem ini dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang di pintu keluar gerbang tol.

"Kita melihat Cipali ada batasan (kendaraan), paling tidak menampung satu hari 90 ribu kendaraan atau misalnya di Brexit sudah ada dua kilo macetnya pintu tol seluruhnya kita tutup. Sehingga fungsi jalan di Utara, Pantura, dan di Selatan difungsikan," ujar Budi usai acara Topping Of Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Minggu, (21/5/2017).

Kementrian Perhubungan bersama Kepolisian telah menyiapkan beberapa alternatif ketika kendaraan tidak bisa melalui tol Cipali. Kendaraan sebagian akan dialihkan menuju Jalur Utara dan sisanya dialihkan ke Jalur Selatan.

"Manajemen lalu lintas sudah disampaikan, 60 persen dari mobil yang dari Jakarta menuju Jawa tengah itu mobil sedan dan mobil kecil, 40 persen sisanya 20 persen diminta ke utara, 20 persen diminta ke selatan," kata Budi.

Budi mengimbau kepada pemudik agar mempersiapkan rute perjalanan dengan matang. Sehingga nantinya bisa bersilaturrahmi dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri 2017.

"Saya imbau dengan melakukan perjalanan rancanglah bisa lewat Jalur Pantura, bisa lewat Jalur Selatan bisa lewat Bandung juga. Insyallah dengan kerjasama antara Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan dan Pertamina bisa mudik lebih baik," tutur Budi. (lkw/ams)