DetikNews
Minggu 21 Mei 2017, 16:59 WIB

Kemenhub: KM Mutiara yang Terbakar Penuhi Syarat Keselamatan

Faieq Hidayat - detikNews
Kemenhub: KM Mutiara yang Terbakar Penuhi Syarat Keselamatan Foto: Kapal Mutiara Sentosa I yang terbakar di Perairan Sumenep. (Dok. Istimewa).
Jakarta - Direktur Perkapalan dan Kelautan Kementerian Perhubungan Capt Rudiana mengatakan jumlah peralatan keselamatan dalam kapal KM Mutiara Sentosa I sudah memadai. Menurut Rudiana, KM Mutiara Sentosa tersebut sudah memenuhi syarat keselamatan.

"Life jacket (jaket pelampung) 697 buah. Dari sisi alat keselamatan, memenuhi persyaratan, kapal kecelakaan, bukan dari sisi kapal tapi dari muatan," kata Rudiana saat jumpa pers di Kantor Basarnas, Jl Angkasa Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2017).

Rudiana juga mengatakan kapasitas kapal tersebut bisa menampung sejumlah 300 orang penumpang. Selain itu, beberapa alat keselamatan dan sekoci berjumlah 550 unit.

"Dengan jumlah berlayar 197 di atas kapal plus ABK, bahwa kapasitas kapal kurang lebih 300 orang, alat keselamatan plus sekoci mampu menampung 550 pelayar," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, daftar penumpang kapal (manifest) yang dilaporkan kepada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di Surabaya tak ada perubahan. Menurutnya, daftar penumpang sudah sesuai prosedur.

"Sebetulnya tidak boleh (ada tambahan) harusnya, kalau ada perubahan 190 dijadikan 197, 7 penumpang itu dilaporkan ke KSOP untuk revisi manifest. Tapi kayaknya (KM Mutiara Sentosa) tidak ada tambahan, sudah sesuai," kata dia.
(fai/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed