DetikNews
Minggu 21 Mei 2017, 02:12 WIB

Semangat Harkitnas, ASN Diminta Tiru Cara Kerja Swasta

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Semangat Harkitnas, ASN Diminta Tiru Cara Kerja Swasta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur (Foto: Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Serang - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menawarkan sebuah model kerja baru untuk para aparatur sipil negara (ASN) dan birokrat. Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2017, menurutnya harus ada perubahan cara kerja agar dapat maju.

"Ini harus dengan model kerja baru terutama birokrasi. Karena tidak ada satu negara pun yang bisa maju tanpa penyelenggara negaranya cara kerjanya itu tidak berubah," kata Asman Abnur kepada wartawan di Kota Serang, Sabtu (20/5/2017).

Seorang birokrat, menurutnya tidak boleh lagi kalah oleh cara kerja yang dilakukan pihak swasta. Ia mencontohkan perilaku pelayanan di bank-bank yang tidak ada obrolan saat kerja. Layanan oleh ASN semestinya lebih dari perilaku kerja di swasta.

"Birokrasi harus lebih bagus dari itu. Kalau itu bisa terjadi, negara kita bisa maju," tegasnya.

Asman kemudian mengutip pesan presiden terkait persaingan antar negara yang saat ini terjadi. Paradigma persaingan sekarang bergeser bukan lagi antara negara besar atau kecil. Tapi kepada siapa negara yang cepat mengalahkan negara yang lambat.

"Birokrat harus sadar bahwa pelayanan birokrasi harus mengacu pada kompetisi di dunia. Tidak boleh ada perizinan susah, berbelit. Semua urusan harus transparan," katanya.

Untuk mendorong itu, KemenPAN-RB juga sedang mendorong sistem pemerintahan berbasis teknologi informasi. Sistem penilaian dilakukan berdasarkan manajemen kerja dan percepatan peningkatan pelayanan publik.

Seorang aparatur sipil negara ke depan didorong untuk selalu melayani dan ramah.

"Tidak boleh ada lagi susah perizinan, PNS memberikan persetujuan (sesuai) kewenangan yang dimiliki, ke depan ASN harus melayani dan berjiwa hospitality," ungkapnya.
(bri/jbr)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed