DetikNews
Sabtu 20 Mei 2017, 00:10 WIB

Aksi Damai hingga Doa Lintas Agama Warnai Peringatan Harkitnas

Mei Amelia R - detikNews
Aksi Damai hingga Doa Lintas Agama Warnai Peringatan Harkitnas Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Cici-detikcom)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei besok diwarnai dengan aksi damai. Sejumlah elemen masyarakat akan berunjuk rasa menyuarakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ada sejumlah elemen yang sudah menyampaikan pemberitahuan terkait aksi dalam rangka memperingati Harkitnas besok. Rata-rata aksinya aksi damai," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Jumat (20/5/2017).

Kegiatan tersebut berlangsung di beberapa tempat, di antaranya di Taman Pandang di depan Istana Negara, di Tugu Tani, Taman Suropati dan di depan Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta Pusat. Aksi tersebut digelar mulai pukul 10.00 WIB sampai sore.

Di Taman Pandang depan Istana Negara, Komunitas Cinta Bangsa dan Pancasila melakukan aksi bertema 'Kita Pancasila'. Aksi ini akan diikuti oleh massa dari elemen LBH Jakarta, GMKI, Masyarakat Lintas Suku, Komunitas Batak Diaspora, Alumni Mahasiswa untuk NKRI dan Pancasila, Komunitas Gereja-Gereja Jakarta, Forum Relawan untuk Demokrasi, Silent Majority Forum, Relawan Badja, DAG, Forum Bhineka Tunggal Ika.

Peserta aksi berjumlah sekitar 3.000 orang itu akan menyuarakan dukungan terhadap pemerintah dalam menegakkan NKRI, Pancasila dan Menolak segala bentuk radikalisme, diskriminasi dan kekerasan berbasis SARA.

Elemen mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pemuda Mahasiswa Peduli Indonesia (PPMI) akan beraksi di Tugu Tani dengan tema nawacita mempertahankan keutuhan NKRI. Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Indonesia juga akan beraksi di depan Gedung DPR/MPR untuk mengajak masyarakat menjaga persatuan NKRI, mendukung percepatan pembangunan nasional dan meminta pemerintah untuk menyejahterakan rakyat Indonesia.

Sementara sekelompok massa yang tergabung dalam Relawan Penjaga NKRI jaga akan melakukan aksi bertemakan 'Kembali ke Jati Diri Bangsa' di Taman Suripati, Menteng, Jakarta Pusat. Massa akan menggelar pesta rakyat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam aksi tersebut.

Harkitnas juga akan diperingati dengan kegiatan salawat dan doa lintas agama bertema Malam 1.000 Cahaya di kawasan Cagar Budaya Makam Mbah Priok Koja, Jakut oleh Justice4Ahok. Dalam pemberitahuan ke Polda Metro Jaya, aksi tersebut rencananya dihadiri Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful hidayat, Habib Abdullah Alaydrus, serta sejumlah artis Ibu Kota.

Argo mengatakan, pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menyiapkan personel untuk mengamankan kegiatan masyarakat tersebut. Polda Metro Jaya akan mengawal aksi tersebut agar berjalan tertib dan aman.

"Kami berharap aksi massa ini betul-betul damai dan memaknai betul pentingnya Hari Kebangkitan Nasional, tidak ada aksi anarkis," ujar Argo.


(mei/rvk)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed