DetikNews
2017/05/19 17:42:36 WIB

Awal Kebangkitan Nasional dari Kesadaran Pendidikan Budi Utomo

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Halaman 1 dari 2
Awal Kebangkitan Nasional dari Kesadaran Pendidikan Budi Utomo Lambang Budi Utomo di Museum Kebangkitan Nasional. Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta - Kebangkitan Nasional tak bisa dipisahkan dari kiprah organisasi Budi Utomo (Boedi Oetomo) dalam mengkampanyekan nasionalisme. Organisasi tersebut berdiri pada 20 Mei 1908 oleh para pemuda yang bersekolah di STOVIA.

Seorang berkebangsaan Belanda, Mr Conrad Theodor van Deventer, menyebut lahirnya Budi Utomo sebagai 'bangunnya putri jelita'. Van Deventer bekerja di Hindia Belanda (sekarang Indonesia) sebagai pegawai pengadilan yang kemudian menjadi jaksa.

"Keajaiban telah terjadi, putri jelita yang tidur itu telah bangkit," tulis Van Deventer dalam majalah De Gids pada era itu seperti dikutip detikcom dari buku 'Boedi Oetomo: Awal Bangkitnya Kesadaran Bangsa' tulisan Gamal Komandoko, 2008.

Van Deventer merupakan pencetus politik etis yang mulanya menuai kontroversi di pemerintahan Belanda. Tetapi dia akhirnya mendapat restu dari Ratu Belanda saat itu.

Gagasan politik etis dari Van Deventer yakni perluasan pendidikan bagi masyarakat Jawa. Menurutnya pendidikan sangat penting bagi masyarakat.

Rupanya tak salah ketika Van Deventer menyebut lahirnya Budi Utomo sebagai tanda 'putri jelita' telah bangun. Misi dari organisasi itu sejalan dengan pemikiran Van Deventer yakni perluasan pendidikan.
Foto para pendiri Budi Utomo.Foto para pendiri Budi Utomo di Museum Kebangkitan Nasional. Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom

Dalam Komandoko (2008) ada 9 pemuda yang mendirikan Budi Utomo. Mereka adalah Soetomo, Soelaeman, Goenawan Mangoenkoesoemo, Angka Prodjosoedirdjo, M Suwarno, Muhammad Saleh, Soeradji, dan Goembrek.

Sebuah ruang kelas yang dipakai untuk mempelajari anatomi tubuh manusia dijadikan tempat lahirnya Budi Utomo. Ruangan itu terletak dekat dengan kamar asrama sekolah tersebut.
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed