DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 17:06 WIB

Pansus DPR Buka Opsi Kurangi Jumlah Anggota DPD

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Pansus DPR Buka Opsi Kurangi Jumlah Anggota DPD Benny K Harman (kiri) / Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Panitia khusus (pansus) DPR masih terus menggodok RUU Pemilu. Dalam pembahasannya, pansus mempertimbangkan opsi pengurangan jumlah anggota DPD karena dinilai tak berfungsi.

"Sebetulnya, ada keinginan kemarin supaya jumlah DPD dikurangi, bukan 4 tapi 3 di setiap provinsi. Soal efektivitas saja dan efisiensi. Ada juga usulan preliminary seleksi dengan membentuk panitia seleksi," ujar Wakil Ketua Pansus Pemilu Benny K Harman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Benny berkata hanya ada dua opsi terkait jumlah anggota DPD, yakni tetap dan berkurang. Tak ada opsi penambahan anggota.

"Nggak bisa (nambah anggota), nggak mungkin nambah. Kurang ya mungkin," jelasnya.

Selain itu, Benny beranggapan jumlah 4 senator yang mewakili tiap provinsi membuat kerja DPD kurang optimal. Malah, dia menyebut DPD tak ada fungsinya.

"Memang kurang optimal karena nggak ada fungsinya, justru nggak perlu lagi," sebut dia.

Benny tak masalah jika opsi ini dipersoalkan nantinya. Menurutnya, dalam membenahi sebuah lembaga, aspek fungsional harus menjadi pertimbangan utama.

"Kita kan mau pembenahan, bukan soal kesantunan, enak nggak enak. Kita ingin DPD menjadi optimal, fungsional, mungkin mekanisme seleksinya," papar Benny.

Meski demikian, Benny berkata opsi tersebut bukan sikap resmi dari fraksi-fraksi. "Itu pikiran lepas saja," tutupnya.
(gbr/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed