DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 16:35 WIB

Polisi Olah TKP Tabrakan Beruntun Tol Cipularang Pakai Scanner 3 Dimensi

Mukhlis Dinillah - detikNews
Polisi Olah TKP Tabrakan Beruntun Tol Cipularang Pakai Scanner 3 Dimensi Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Purwakarta - Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) tabrakan beruntun di KM 91 + 300 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta. Langkah ini untuk mencari tahu penyebab kecelakaan yang menewaskan 4 orang itu.

Berdasarkan pantauan detikcom, Jumat (19/5/2017), olah TKP juga melibatkan PT Jasa Marga selaku pengelola Jalan Tol Cipularang. Petugas menggunakan metode traffic accident analysis. "Kita menggunakan laser scanner tiga dimensi sehingga semua TKP dapat terekam," ujar Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Jabar AKBP Mathrius di lokasi.

Mathrius mengatakan hasil olah TKP belum bisa menyimpulkan penyebab kecelakaan saat ini juga. Pasalnya, pihaknya harus terlebih dahulu mengumpulkan dan mengolah fakta di lapangan.

"Kami juga memeriksa kelaikan kendaraan (truk) dan beban muatan yang diduga menjadi penyebab tabrakan beruntun ini," ucap dia.

Dia menilai pemeriksaan truk trailer ini dilakukan lantaran pengakuan sopir dan kernet yang menyebutkan truk diduga mengalami rem blong sehingga hilang kendali dan menabrak beberapa kendaraan yang berada di depannya.

"Jadi memang awal mulanya dari truk yang rem blong hingga kecelakaan beruntun yang melibatkan 10 kendaraan itu terjadi," ujar Mathrius.

Ia menegaskan secepatnya akan segera menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Sebelumnya, kecelakaan beruntun melibatkan 10 kendaraan terjadi di KM 91 + 300 arah Jakarta, Kamis (18/5) sekitar pukul 19.45 WIB. Akibat peristiwa itu, 4 orang meninggal dunia dan 27 orang lainnya luka-luka.
(ern/ern)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed