DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 15:00 WIB

Djarot: Trotoar DKI Sudah Bagus, Jangan untuk Jualan PKL

Nathania Riris Michico - detikNews
Djarot: Trotoar DKI Sudah Bagus, Jangan untuk Jualan PKL Foto: Djarot S Hidayat. (Nathania Riris Michicco/detikcom)
Jakarta - Jelang Ramadan, Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengimbau wali kota hingga aparat keamanan untuk membantu mengawasi trotoar yang kerap digunakan berjualan oleh pedagang kaki lima (PKL). Pengawasan itu terutama di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Wali kota, Satpol PP, Dishub dan polisi kerja sama untuk awasi trotoar yang sering ditempti PKL, misalnya Tanah Abang, Kramat Jati," kata Djarot di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Ke depan, Djarot berharap kantor-kantor wali kota bisa digunakan untuk berjualan bagi PKL. Syaratnya, hanya digunakan di akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu.

Dia menegaskan bahwa trotoar-trotoar di Jakarta sudah bagus. Sehingga, trotoar tidak boleh digunakan sebagai lahan berjualan karena bisa merusak dan merugikan warga lain.

"Saya juga sampaikan kantor wali kota suatu saat bisa digunakan untuk bazar berjualan, PKL bisa masuk hari Sabtu-Minggu," ujar Djarot.

"Tapi kalau di trotoar tidak boleh, trotoar DKI sudah bagus, jangan digunakan untuk PKL, karena merugikan banyak orang, pejalan kaki dan lalu lintas," sambungnya.

Bila ada yang melanggar, Djarot meminta agar pihak keamanan langsung menertibkan. Pihak keamanan diminta lebih dulu mengantisipasi para PKL ini hingga seminggu jelang lebaran nanti.

"Harus diantisipasi, terutama seminggu sebelum lebaran, ada pasar tumpah. Kita terus tertibkan," tegasnya.
(nth/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed