DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 11:09 WIB

Jelang Ramadan, Djarot akan Kumpulkan Para Pengusaha Hiburan Malam

Nathania Riris Michico - detikNews
Jelang Ramadan, Djarot akan Kumpulkan Para Pengusaha Hiburan Malam Foto: Djarot Saiful Hidayat. (Rachman Haryanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Ramadan
Jakarta - Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat akan mengumpulkan para pengusaha hiburan malam di Jakarta jelang Ramadan. Tujuannya, untuk memberi penjelasan soal ketentuan jam operasional tempat hiburan malam selama bulan suci.

"Tempat-tempat hiburan malam nanti seperti biasanya itu kita kumpulkan untuk diberikan pemahaman bersama tentang tata cara ketentuan pada saat bulan Ramadan," kata Djarot di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Sama seperti tahun lalu, lanjut Djarot, pengaturan tempat hiburan malam ini juga akan dilakukan bersama dengan pihak aparat kepolisian.

"Seperti tahun lalu bersama-sama dengan Kepolisian," tambahnya.

Djarot tidak memperinci kapan akan menutup tempat hiburan malam jelang Ramadan. Namun, peraturan terkait jam operasional ini dituangkan ke dalam Surat Edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI dan ditujukan kepada para pemilik/penanggung jawab usaha pariwisata di Jakarta.

Menurut Surat Edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto 16 Mei 2017, setidaknya ada enam kategori tempat hiburan malam yang harus tutup selama bulan Ramadan.

Enam tempat hiburan malam tersebut yaitu, kelab malam, diskotek, mandi uap, griya pijat, permainan keping jenis bola ketangkasan dan usaha bar yang berdiri sendiri atau yang terdapat di kelab malam.

Keenam tempat hiburan malam itu wajib tutup satu hari sebelum Ramadan, selama Ramadan, pada Hari Raya Idul Fitri dan satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Dalam surat edaran itu juga diatur, usaha bola sodok mandiri atau tidak satu ruangan dengan usaha pariwisata yang telah disebutkan di atas diperbolehkan buka pada pukul 10.00 WIB-24.00 WIB.

Sedangkan usaha bola sodok yang berada satu ruangan dengan usaha karaoke dan musik hidup harus mengikuti waktu buka kedua usaha tersebut, yakni pukul 20.30 WIB-01.30 WIB.

Sementara, untuk diskotek yang diselenggarakan menyatu dengan kawasan komersial dan area hotel minimal bintang empat, serta tidak berdekatan dengan pemukiman warga, rumah ibadah, sekolah dan rumah sakit boleh buka selama bulan Ramadan.
(nth/idh)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed