DetikNews
Jumat 19 Mei 2017, 09:53 WIB

Peringati Harkitnas, Menkominfo Tabur Bunga di TMP Kalibata

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Peringati Harkitnas, Menkominfo Tabur Bunga di TMP Kalibata Menkominfo melakukan tabur bunga di TMP Kalibata. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata. Rudiantara melakukan tabur bunga di sejumlah makam Pahlawan Nasional.



Rudiantara beserta stakeholder Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan upacara penghormatan arwah sebelum melakukan tabur bunga. Setelah upacara selesai, Rudiantara beserta jajarannya melakukan tabur bunga ke makam Ali Murtopo dan Pahlawan Revolusi.

Menkominfo tabur bunga dalam rangka memperingati Harkitnas.Menkominfo tabur bunga dalam rangka memperingati Harkitnas. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

"Besok itu tanggal 20 Mei kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional tapi tidak harus memperingati pada tanggal 20 Mei. Tapi dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, hari ini komunitas dari Kominfo sendiri, teman-teman operator, dari stakeholder, Kominfo melaksanakan upacara ziarah ke TMP Kalibata," kata Rudiantara saat ditemui, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017).

Dia mengatakan tujuan dari ziarahnya adalah mendoakan para pendahulu, pahlawan, terutama di bidang Kominfo. "Tadi kita antara lain ziarah ke tempatnya Pak Ali Murtopo dan Pahlawan Revolusi," imbuhnya.

Menkominfo tabur bunga di makam Ali Murtopo dan Pahlawan Revolusi.Menkominfo tabur bunga di makam Ali Murtopo dan Pahlawan Revolusi. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

Menurut dia, Indonesia tidak akan jadi seperti sekarang ini tanpa perjuangan para pahlawan. Namun, setelah perjuangan para pahlawan, selanjutnya adalah tanggung jawab warga Indonesia sendiri.

"Tentunya tanpa pahlawan kita tidak akan berada di sini, tapi tanggung jawab di sini adalah tanggung jawab kita, dan kita ini juga ke depannya menjadi pahlawan, karena kita tidak boleh diam, dalam konteks Hari Kebangkitan Nasional itu, ya kita harus lebih cepat lagi," ujarnya.

"Bangkit harus dimaknai dengan percepatan, percepatan dari sektor Kominfo tentunya sehingga sektor ini bisa memberi kontribusi lebih atau itu di bidang ekonomi, apakah itu di bidang sosial, karena posisinya ICT itu merupakan annabler dari pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi annabler dari perubahan tatanan masyarakat yang lebih baik lagi," sambungnya.

Menkominfo berpesan agar Harkitnas dijadikan momentum untuk meningkatkan persatuan Indonesia.Menkominfo berpesan agar Harkitnas dijadikan momentum untuk meningkatkan persatuan Indonesia. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

Rudiantara mengatakan, Harkitnas ke-109 ini adalah momentum yang dapat dikaitkan dengan keberagaman. "Dan momentum Hari Kebangkitan Nasional ini dikaitkan dengan kondisi Indonesia, justru harus kita manfaatkan untuk mendorong adanya keberagaman, toleransi dari perbedaan-perbedaan, jangan dicari perbedaannya, perbedaan sudah pasti ada," jelasnya.

"Tapi yang kita cari persamaannya kembali untuk meningkatkan persatuan Indonesia. Berbeda pendapat boleh, berbeda pemikiran boleh, disampaikan juga dengan bebas, dengan merdeka tanpa rasa takut, tapi disampaikan juga dalam koridor NKRI yang 4 pilar itu, yang harus kita pegang," imbuhnya.


(cim/aan)
FOKUS BERITA: Semangat Harkitnas
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed