DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 16:38 WIB

PKL Tanah Abang Dagang Lagi di Jalan, Satpol PP Turun Tangan

Fitang Budhi Adhitia - detikNews
PKL Tanah Abang Dagang Lagi di Jalan, Satpol PP Turun Tangan Penertiban PKL di Tanah Abang (Fitang/detikcom)
Jakarta - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) masih menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal itu terlihat di Blok A dan Jl Jatibaru, Tanah Abang, Jakpus.

Berdasarkan pantauan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017), sekitar pukul 14.30 WIB, para pedagang diimbau tidak berjualan di bahu jalan. Mayoritas pedagang yang memadati bahu jalan di Blok A adalah pedagang buah dan makanan.

Para pedagang memindahkan dagangan merekaPara pedagang memindahkan dagangan mereka (Fitang/detikcom)

Para pedagang itu kemudian merapikan dagangan mereka. Hingga sekitar pukul 15.00 WIB, para pedagang sibuk mengangkut kardus-kardus, boks stereofoam, dan gerobak mereka dari lokasi.

Hari ini, petugas Satpol PP tidak menyita barang dagangan. Pedagang dipersilakan membawa dagangan mereka dan meninggalkan lokasi.

"Pol PP nggak akan mengamankan barang dagangan karena situasi macet. Karena mereka membutuhkan truk yang besar untuk mengangkut barang-barang yang diambil tersebut," ujar Kepala Seksi Penyidik PNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Pusat Santoso di lokasi.

Penertiban PKL di Tanah AbangPenertiban PKL di Tanah Abang (Fitang/detikcom)


Saat penertiban berlangsung, arus lalu lintas di sekitar lokasi macet. Santoso menambahkan, jika menyediakan truk untuk mengangkut barang-barang, hal itu malah akan menimbulkan kemacetan.

"Jadi tidak mungkin melakukan penyitaan apabila kondisi sedang macet. Karena truk mereka tidak bisa jalan nantinya, bukan karena alasan menambah kemacetan," tuturnya.

Kemacetan di Tanah AbangKemacetan di Tanah Abang (Fitang/detikcom)


Petugas Satpol PP juga melakukan penertiban di Jl Jatibaru seberang Stasiun Tanah Abang. Petugas mengimbau agar dagangan mereka dipinggirkan dan tidak lagi memakan bahu jalan.

Penertiban PKL di Jl Jatibaru seberang Stasiun Tanah AbangPenertiban PKL di Jl Jatibaru di seberang Stasiun Tanah Abang (Fitang/detikcom)



(ams/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed