DetikNews
Kamis 18 Mei 2017, 14:40 WIB

Menhub Imbau Warga Tak Andalkan Tol Cipali Saat Mudik

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Menhub Imbau Warga Tak Andalkan Tol Cipali Saat Mudik Menhub Budi Karya Sumadi (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menjelang mudik Lebaran. Dia mengimbau warga tak hanya mengandalkan Jalan Tol Cipali saat mudik.

"Jadi bukan hanya Cipali, tapi juga ada Pantura, jalur selatan, dan ada yang lewat Bandung. Makanya ini kita imbau agar masyarakat tidak hanya mengandalkan Cipali, sehingga lalu lintas bisa terdistribusi dengan baik," ucap Menhub Budi.

Hal itu dia sampaikan dalam jumpa pers bersama sejumlah dirjen di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Budi menambahkan lalu lintas menuju Gerbang Tol Brebes Timur alias Brebes Exit (Brexit) masih mendapat perhatian khusus. Belajar dari pengalaman mudik tahun lalu, kemacetan di Brexit tak terelakkan.

"Tahun lalu ada masalah di sana (Brexit). Makanya tahun ini kita berikan mandat kepada Polri, sebagai pengatur di lapangan, supaya bisa mengkoordinasi. Selain itu, kita bekerja sama dengan PUPR untuk memperbaiki jalan-jalan lintasan," tutur Budi.

Ditambahkan dia, pengawasan mendetail juga akan dilakukan di sejumlah stasiun dan bandara, sehingga diharapkan pemudik bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

"Stasiun di Merak, Balikpapan, dan Batam juga akan kita awasi. Harapannya, supaya kita mendapatkan cara mudik yang lebih baik," sebutnya.

Budi sangat berharap perjalanan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, dia mengatakan telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan harapan tersebut.

"Makanya kita lakukan mudik gratis, kita lakukan perbaikan jalan, serta koordinasi sebaik mungkin dengan pihak-pihak terkait agar mudik kali ini bisa berjalan dengan lancar," tutupnya.
(hld/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed