DetikNews
Rabu 17 Mei 2017, 23:01 WIB

Kocak, Video Viral Polisi Tilang Laki-laki Kemayu di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kocak, Video Viral Polisi Tilang Laki-laki Kemayu di Semarang Foto: Brigadir Iwan Wirana ikut kemayu (Screenshot Instagram)
Semarang - Video lucu seorang polisi yang menilang laki-laki kemayu di Kota Semarang, Jawa Tengah, viral di media sosial terutama Instagram. Anggota kepolisian bernama Brigadir Iwan Wirana (29) bahkan ikut kemayu dan nyaris dicium oleh pelanggar lalu lintas itu.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah video tersebut yaitu @hms_poldajateng. Video itu sudah ditonton 24 ribu kali lebih dan mendapat ratusan komentar. Lebih banyak komentar memuji sikap polisi yang humanis daripada soal pria kemayu yang ditilang.

Kocak, Video Viral Polisi Tilang Laki-laki Kemayu di SemarangFoto: Brigadir Iwan Wirana ikut kemayu (Screenshot Instagram)


Saat berbincang dengan detikcom, Iwan mengatakan peristiwa terjadi ketika dirinya bertugas dalam operasi Patuh Candi 2017 hari Selasa (16/5/2017) pagi kemarin. Saat itu ada beberapa pelanggar ketertiban yang berhenti di lokasi razia yaitu Jalan Pamularsih.

"Dia dari Kalibanteng ke pom bensin Pamularsih atau dari Utara ke Selatan. Dia tidak punya SIM," kata Iwan, Rabu (17/5/2017).

Laki-laki kemayu itu dihentikan oleh petugas bernama Bripka Aris, kemudian ditangani oleh Iwan. Awalnya tidak ada yang merekam saat dia mulai berbincang dengan laki-laki kemayu itu soal pelanggarannya. Karena melihat dialog tersebut lucu, ada salah satu polisi yang mengabadikannya.

"Awalnya tidak ada yang rekam. Setelah saya tanya ternyata begitu (kemayu). Saya tanya kerjaan, dia bilangnya salon. Setelah bilang salon, dia bilang, 'Mas aku bisa massage lho mas.' Waktu itu saya sama teman-teman mikir, 'Tenan opo ora (betulan atau tidak).' Terus ada yang buka handphone terus rekam," ujar Iwan.

Dialog lucu keduanyapun terekam kamera termasuk ketika Iwan ikut melambai bahkan dicolek pipinya oleh laki-laki tersebut. Usai memberikan penjelasan dan surat tilang, laki-laki itu sempat bercanda dengan nyaris mencium Iwan kemudian pergi.

"Untung nggak kena (saat dicium), saya refleks. Anak saya sudah tiga, mas. Istri satu aja," tandasnya.

Meski kocak, namun Iwan mengaku serius dalam tugasnya termasuk menjelaskan soal prosedur setelah kena tilang hingga ke pengadilan. Dalam video itu juga terjadi dialog ketika laki-laki itu mencoba menawar agar pembayaran di bank bisa dicicil.

"Dicicil oleh (boleh)?" tanya laki-laki itu.

"Oleh, sedino ping telu (boleh, sehari tiga kali)," jawab Iwan dengan nada bercanda.

Anggota unit laka lantas Satlantas Polrestabes Semarang itu sempat khawatir ketika videonya viral karena takut menyinggung jika ada yang tidak berkenan. Tapi ternyata banyak yang memuji sikapnya karena dinilai humanis dan membuat suasana razia tidak menegangkan.

"Intinya saya imbangi, hakikatnya melayani. Biasanya orang ditilang kan dongkol. Kebetulan kami sebisa mungkin membuat orang tidak merasa dongkol dan tetap tahu kesalahannya," kata pria kelahiran tahun 1988 itu.

"Bahasa bapakku itu 'sersan', serius tapi santai," imbuhnya.

Kocak, Video Viral Polisi Tilang Laki-laki Kemayu di SemarangFoto: Brigadir Iwan Wirana ikut kemayu (Screenshot Instagram)


Tindakannya itu juga sesuai briefing sebelum bertugas yang mengatakan tidak boleh arogan saat melakukan penindakan. Iwan juga menjelaskan awalnya video itu hanya disebar lewat aplikasi WhatsApp sesama petugas untuk menghibur.

"Awalnya saya kira hanya untuk konsumsi petugas lalu lintas. Memang kita share di WA lalulintas biar buat yang kerja itu waktu capek istirahat lihat handphone bisa ketawa bisa refresh," katanya.

Video Iwan yang menilang laki-laki kemayu itu terus tersebar hingga saat ini. Banyak akun Instagram yang me-repost video tersebut dan rata-rata memuji aksi Iwan.


(alg/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed