DetikNews
Rabu 17 Mei 2017, 15:43 WIB

Cerita Nenden yang Malah Hindari Gerbong Wanita Saat Hamil

Ahmad Toriq - detikNews
Cerita Nenden yang Malah Hindari Gerbong Wanita Saat Hamil Suasana di gerbong wanita, Rabu (17/5) pagi ini. (Reny Anggraini/detikcom)
Jakarta - Nenden (25), seorang karyawati swasta yang bekerja di daerah Jati Padang, Jakarta Selatan, menuturkan keengganannya masuk gerbong wanita saat hamil. Dia mengaku lebih nyaman berada di gerbong umum.

"Awal-awal saya suka naik di gerbong cewek, tapi sejak hamil nggak mau lagi. Soalnya penuh, cewek-ceweknya jahat, desak-desakan," ujar Nenden kepada detikcom, Rabu (17/5/2017).

Nenden biasa naik Commuter Line dari Stasiun Depok Lama dengan tujuan Stasiun Pasar Minggu. Dia mengaku pernah didorong hingga tersungkur saat akan naik kereta karena penumpang wanita berebut tempat duduk.

"Kalau di gerbong cewek itu, karena cewek semua, jadi lebih dempet-dempetan tanpa sungkan. Mereka nggak mikirin sekitarnya. Mereka kayak biarin aja didempetin cewek ini. Ibu-ibu suka kelepasan, nyender di badan sebelahnya," ujar Nenden.

[Gambas:Video 20detik]

Di gerbong umum, Nenden mengaku mendapat suasana yang lebih baik. Apalagi saat penumpang lain tahu dirinya sedang hamil, dia akan diprioritaskan untuk duduk oleh penumpang lain, terutama oleh para pria.

"Kalau di gerbong umum masih ada space-nya, cowok sungkan dekat-dekat sama cewek. Dan sama yang lebih hamil lebih peduli, kasih tempat duduk. Kalau di gerbong wanita pada cuek, pura-pura tidur. Saya pernah bilang lagi hamil, cuma diliatin. Kalau di gerbong umum bilang lagi hamil, ada saja cowok yang nyariin tempat duduk," tutur wanita berkacamata yang menolak difoto ini.
(tor/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed