DetikNews
Selasa 16 Mei 2017, 10:47 WIB

PN Jakut Masih Tunggu Pengacara Ahok Periksa Berkas Banding

Ferdinan - detikNews
PN Jakut Masih Tunggu Pengacara Ahok Periksa Berkas Banding Basuki Tjahaja Purnama (Sigid Kurniawan/Pool)
Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) masih menunggu pemeriksaan berkas perkara (inzage) banding dari pengacara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan tim jaksa. Kedua pihak punya waktu sepekan untuk memeriksa berkas banding setelah surat pemberitahuan inzage dikirimkan.

"Ada tahapan proses yang harus dipenuhi, yaitu menunggu kehadiran pemohon dan pemohon banding inzage atau menunggu batas waktu akhir inzage berakhir. Setelah itu berkas perkara dikirim ke PT DKI," ujar juru bicara PN Jakut Hasoloan Sianturi saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (16/5/2017).

Surat pemberitahuan inzage sudah disampaikan kepada pihak pengacara Ahok pada Senin (15/5). Pengacara Ahok punya waktu satu pekan hingga Senin, 22 Mei, untuk memeriksa berkas perkara banding.

Sedangkan surat inzage untuk pihak jaksa yang juga memohonkan banding sudah dikirim pada hari Jumat, 12 Mei. Jaksa diberi batas waktu 1 minggu untuk melakukan pemeriksaan berkas perkara banding.

"Bila tidak diperiksa (inzage), bisa langsung dikirim berkas banding. Pemohon juga bisa menyampaikan pernyataan tertulis, inzage dilakukan di PT DKI," sebut Hasoloan.

Berkas perkara banding yang akan dikirim ke PT DKI berisi berita acara penyidikan di kepolisian, berita acara pemeriksaan persidangan, termasuk surat-surat terkait dengan perkara.

Belum dikirimnya berkas perkara banding Ahok dari PN Jakut ke PT DKI membuat permohonan penangguhan penahanan Ahok belum dapat diproses. Pihak PT DKI menyatakan menunggu berkas tersebut untuk kemudian ditetapkan majelis hakim banding Ahok dan memproses penangguhan penahanan.

Ahok divonis bersalah melakukan penodaan agama dan dihukum 2 tahun penjara. Ahok kini ditahan di Rutan Mako Brimob, Depok.
(fdn/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed