DetikNews
Selasa 16 Mei 2017, 10:45 WIB

Jokowi: Negara Lain Budi Daya Ikan Lepas Pantai, Kita Cantrang Terus

Faieq Hidayat - detikNews
Jokowi: Negara Lain Budi Daya Ikan Lepas Pantai, Kita Cantrang Terus Presiden Jokowi (Faiq Hidayat/detikcom)
Palu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemberdayaan laut Indonesia lebih maju. Jokowi pun menyinggung tentang permasalahan alat tangkap ikan jenis cantrang yang tak kunjung selesai.

"Saya pernah negur juga Menteri (Kelautan dan Perikanan) Susi (Pudjiastuti), ngurusi cantrang bertahun-tahun nggak selesai. Tahu cantrang, ya?" ujar Jokowi saat memberikan sambutan Kongres Nasional PMII di Masjid Agung Darussalam, Jalan WR Supratman, Palu, Selasa (16/5/2017).

Menurut Jokowi, para nelayan di negara lain sudah membangun offshore aquaculture atau budi daya perikanan lepas pantai. Oleh sebab itu, nelayan di Indonesia harus lebih maju.

"Negara yang lain sudah berpikir bagaimana membangun offshore aquaculture, budi daya ikan di tengah laut, kita masih urus cantrang bertahun-tahun nggak selesai," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi ingin nelayan Indonesia bisa menerapkan budi daya perikanan lepas pantai agar bisa bersaing dengan negara lain. Jokowi menegaskan saat ini persaingan global lebih ketat.

"Bagaimana negara yang lain sudah berpikir offshore aquaculture, kita masih urusan cantrang bertahun-tahun nggak selesai. Nelayan kita harus dibawa ke sana, ke arah pemikiran visi besar, ke arah persaingan global masa yang akan datang terutama nelayan-nelayan yang muda," tegas Jokowi.
(fai/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed