DetikNews
Senin 15 Mei 2017, 16:25 WIB

Soal Potensi Serangan Susulan Virus WannaCry, Menkominfo: Tak Ada

Heldania Ultri Lubis - detikNews
Soal Potensi Serangan Susulan Virus WannaCry, Menkominfo: Tak Ada Foto: agus/detikINET
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, berdasarkan informasi yang dia dapat hanya RS Dharmais yang mengalami serangan virus komputer global Ransomeware WannaCrypt atau disebut juga WannaCry. Mengenai potensi serangan susulan, Rudi menilai potensi itu tidak ada.

"Saya rasa tidak ada ya," ujar Rudi saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (15/5/2017).

Rudi menjelaskan, tidak adanya potensi serangan susulan itu karena menurutnya saat ini perkembangan virus tersebut telah dipantau oleh pihak internasional. Bahkan FBI pun telah turun tangan mengatasi hal itu.

"FBI sendiri sudah mengeluarkan semacam analisis. Analisis itu untuk menyelesaikannya. Jadi sederhana saja sekarang untuk antisipasi bisa matikan dulu Wi-Fi dan matikan dulu LAN. Selain itu juga lakukan back-up data, agar kalau terjadi apa-apa bisa aman," jelasnya.

Rudi mengatakan bahwa melalukan back-up data merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena salah satu masalah menghadapi virus itu adalah data-data yang tidak bisa dibuka.

"Masalahnya yang terkena (virus) itu datanya tidak bisa dibuka. Terlebih belum ada back-upnya, jadi repot. Sampai sekarang kita sendiri masih belum punya solusinya," ungkap Rudi.
(hld/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed