DetikNews
Senin 15 Mei 2017, 15:23 WIB

Tim Anies Kaji Pemanfaatan Lahan Reklamasi yang Telanjur Dibangun

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tim Anies Kaji Pemanfaatan Lahan Reklamasi yang Telanjur Dibangun Reklamasi di kawasan pantai utara Jakarta (Tri Aljumanto-20Detik)
Jakarta - Ketua tim sinkronisasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Sudirman Said, memastikan tidak akan melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta. Namun tim sinkronisasi akan mengkaji pemanfaatan lahan yang telanjur direklamasi.

"Sudah jelas sikapnya gubernur dan wakil gubernur terpilih tidak melanjutkan reklamasi. Tugas kami adalah mengkaji bagaimana yang di lapangan itu tetap bermanfaat bagi masyarakat, bagi lingkungan dan juga tidak mengganggu lingkungan. Syukur-syukur (kajian) bisa menjadi saran yang diterima bagi warga," kata Sudirman di Rumah Partisipasi, Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).

Sudirman memastikan timnya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Koordinasi dilakukan terkait dengan perbedaan mengenai keputusan soal reklamasi.

"Kita kan belum mulai bekerja. Tapi dipastikan, dan pastilah akan ada koordinasi. Akan menata, akan membicarakan kewenangan masing-masing. Apalagi Pak Anies pernah di kabinet, maka punya kesempatan untuk berdialog," ucap Sudirman.

Sudirman mengaku sudah menerima pesan dari Kepala Bappenas untuk memperhatikan aspek penanganan banjir pada reklamasi. Tim sinkronisasi juga akan menggelar workshop untuk menampung aspirasi mengenai reklamasi.

"Tergantung kebutuhan, kita bahkan ingin membuat suatu workshop bagaimana isu reklamasi dikelola ke depan. Termasuk kita mendapat pesan dari Bapak Bambang Brodjonegoro dari media kemarin bahwa urusan ini tidak hanya fokus reklamasi, tapi banjir secara keseluruhan," tuturnya.
(fdu/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed