DetikNews
Senin 15 Mei 2017, 12:23 WIB

Fahri Hamzah Bantah Intoleran: Itu Fitnah

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Fahri Hamzah Bantah Intoleran: Itu Fitnah Fahri Hamzah / Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah sempat mendapat penolakan masuk ke Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (13/5) karena dicap sebagai tokoh intoleran. Fahri menyebut itu fitnah.

"Saya sayangkan satu, kategori fitnah, menuduh saya antitoleransi, saya kira ngawur pikiran itu. Kalau ada mau berdebat Pancasila dengan saya, ayo berdebat, biar kita kuliti pemahaman kita tentang Pancasila masing-masing. Jangan main fitnah, jangan main belakang soal beginian," tegas Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/5/2017).



Fahri menyebut insiden penolakan tersebut merupakan upaya menakuti dirinya karena sering beda pendapat dengan tokoh lain di Indonesia. Menurutnya, jika ada perbedaan pendapat, jalur dialog yang harus ditempuh.

"Kritik kalau saya salah, kalau saya melanggar hukum bawa ke pengadilan, kalau saya melanggar etika ada lembaga etik di DPR," tegasnya.

Dia juga menyesalkan dirinya dicap tak toleran karena hadir di serangkaian aksi bela Islam. Dia berkata banyak politikus lain yang melakukan hal serupa dengannya. Selain itu, tokoh pejabat hingga Presiden Joko Widodo turut hadir di salah satu aksi bela Islam.

"Tapi nggak usah misalnya saya hadir di 411, lah 212 Pak Jokowi hadir. Apa kita mau bilang Pak Jokowi tak toleran dan antikebhinnekaan juga? Kan nggak bener. Di 411 banyak anggota DPR yang hadir juga ada pejabat juga meskipun nggak naik ke atas truk seperti saya. Tapi jangan disederhanakan, Indonesia rumit. Jangan kita provokasi masyarakat supaya tidak mau menerima kenyataan kita ini berbeda," tuturnya.

Fahri juga menyayangkan insiden penerobosan massa masuk ke Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulut. Menurutnya, insiden itu dapat memperburuk citra keamanan bandara Indonesia di mata Internasional.

"Airport sebaiknya jangan sampai masuk ke dalam airport sebab ada komunitas auditnya sendiri. Kalau airport keseringan, ada hewan (masuk), itu radar aviation dunia waspada karena sumber bahaya penumpang dan transportasi udara. Saya sarankan jangan sentuh airport, jangan disentuh, harus dijaga," tegasnya.

"Soal airport, tolong perhatian kita sebab akan kurang baik citra Indonesia di mata internasional," sambungnya.



Seperti diketahui, Fahri Hamzah mendapat penolakan saat masuk ke Manado pada Sabtu (13/5) lalu. Massa yang menolak sempat menerobos masuk ke dalam Bandara Sam Ratulangi. Massa juga melakukan demo di depan kantor Gubernur Sulawesi Utara.
(gbr/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed