DetikNews
Minggu 14 Mei 2017, 21:25 WIB

Menhub Harap Sistem Bike Sharing di China Bisa Ada di Kampus RI

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
Menhub Harap Sistem Bike Sharing di China Bisa Ada di Kampus RI Foto: Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub
Jakarta - Menhub Budi Karya Sumadi sempat mencoba bike sharing di sela-sela mendampingi Presiden Jokowi menghadiri KTT One Belt One Road (OBOR). Menhub Budi berharap sistem serupa bisa diterapkan di Indonesia.

Dari foto yang diterima dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Menhub Budi mencoba bike sharing Mobike. Menariknya, bike sharing ini bukan memakai sistem manual melainkan memakai aplikasi yang bisa diunduh di telepon pintar.

Menhub Budi Karya Sumadi mencoba bike sharing di China. Menhub Budi Karya Sumadi mencoba bike sharing di China. Foto: Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub

Bike sharing yang dicoba Menhub Budi seharga 1 Yuan. Pembayarannya menggunakan mobile phone yang di-scan di barcode sepeda. Menhub berharap sistem serupa bisa diterapkan untuk mobilisasi di dalam kampus-kampus di Indonesia.

"Bagaimana kita operasikan bike sharing di kampus-kampus agar hidup berwawasan lingkungan dirasakan dan membantu konektifitas di kampus," tutur Menhub dalam rilis yang diterima, Minggu (14/5/2017).

Menhub Budi Karya Sumadi mencoba bike sharing di China. Menhub Budi Karya Sumadi mencoba bike sharing di China. Foto: Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub


Sepeda sharing seperti ini sudah cukup populer di China dan Eropa. Seperti dikutip dari CNBC, armada mobike dilengkapi keranjang yang dilengkapi solar panel, dan pelacak GPS. Pemakai bisa memesan dan membayar sewa sepeda melalui aplikasi dan untuk membuka kunci sepedanya memakai QR Code yang discan dengan telepon pintar.

Mobike sudah mengerahkan 1 juta sepeda di 33 kota besar di China. Menurut Trustdata dari CNBC, pangsa pasar Mobike adalah 72,5% di China daratan itu hingga 2016. Per 2017, Mobike berekspansi ke Asia Tengga, tepatnya di Singapura. Di China, 'pemain' bike sharing selain Mobike yang pangsa pasarnya terbesar, adalah Ofo dan Obike.

Menhub Budi Karya Sumadi ikut mendampingi Presiden RI Joko Widodo menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Belt One Road (OBOR) 2017 di Beijing, China. KTT OBIR dihadiri oleh 29 Kepala Negara, 12 di antaranya berasal dari Eropa.

Setelah menghadiri KTT OBOR, Rombongan Presiden yang diikuti Menhub melanjutkan kunjungan ke Mesjid Niujie di pusat Kota Beijing. Malam ini Menhub Budi masih dijadwalkan mendampingi Presiden pada rangakaian pertemuan bilateral dengan negara mitra termasuk China.
(nwk/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed