DetikNews
Minggu 14 Mei 2017, 11:11 WIB

127 Tahanan Rutan Pekanbaru yang Kabur Masih Buron

Jabbar Ramdhani - detikNews
127 Tahanan Rutan Pekanbaru yang Kabur Masih Buron Suasana kericuhan di Rutan Pekanbaru sebelum ratusan tahanan melarikan diri, Jumat 5 Mei 2017 (Foto: Istimewa)
Jakarta - Masih ada 127 tahanan/narapidana (napi) yang masih menjadi buronan. Mereka kabur dari rumah tahanan (rutan) Klas II B Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau sejak 5 Mei 2017.

"Saat ini tinggal 127 (tahanan). Mungkin Sabtu-Minggu ini tertangkapnya. Kita masih lakukan perinciannya. Tapi itu informasi terakhir yang kita dapatkan," kata Kasubag Publikasi Humas Ditjenpas, Syarpani, saat dihubungi detikcom, Minggu (14/5/2017).

Hingga saat ini pengejaran masih terus dilakukan. Kepolisian dan TNI juga dikerahkan untuk membantu pencarian para tahanan/napi tersebut.

Syarpani menyebut lokasi pencarian para tahanan sudah dilakukan juga di luar Riau. Menurutnya, hal ini sudah dilakukan sejak peristiwa kaburnya 448 tahanan dari rutan tersebut.

"Sudah dari awal kejadian, kita sudah kerja sama dengan polda sekitar. Kepolisian polda seputaran seperti di Jambi. Kalau kita kan cuma melaporkan ke Polda Riau," tutur dia.

Kaburnya para tahanan/napi dari rutan itu terjadi pada Jumat, 5 Mei lalu. Saat itu, ada sekitar 448 tahanan yang kabur dengan merusak gembok setelah sebelumya sempat terjadi bentrokan di dalam rutan.

Akibat peristiwa ini, pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) memecat tiga pejabat yakni Kepala Rutan Pekanbaru Teguh Triahatmanto, Kepala Pengamanan Rutan Pekanbaru Taufik, dan Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Tomi Firdaus. Selain itu Kepala Kanwil Kemenkum HAM dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Riau juga dicopot. Keduanya ditarik ke Jakarta untuk dilakukan pembinaan. Kemudian enam petugas Rutan Sialang Bungkuk diturunkan pangkatnya satu tingkat selama masa 3 tahun.
(jbr/dha)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed