DetikNews
Sabtu 13 Mei 2017, 19:11 WIB

Ditolak Massa, Fahri Dibawa ke Kantor Gubernur Via Jalur Alternatif

Idham Kholid - detikNews
Ditolak Massa, Fahri Dibawa ke Kantor Gubernur Via Jalur Alternatif Foto: Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado/Dokumen Polda Sulut
Jakarta - Kedatangan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah ke Manado, Sulawesi Utara, ditolak massa. Polisi mengawal Fahri dari Bandara Sam Ratulangi ke kantor gubernur lewat jalur alternatif untuk menghindari massa.

"Pakai mobil biasa, kita kawal saja, cuma tidak melalui jalan depan airport karena kan sudah diblokir di situ, kita kan punya alternatif-alternatif jalur lain," kata Kapolda Sulut Irjen Bambang Waskito saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/5/2017).

Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado.Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado. Foto: Dokumen Polda Sulut


Agenda Fahri ke Manado yaitu untuk menghadiri diskusi kepemimpinan dan antikorupsi. Karena alasan keamanan, diskusi yang semula diagendakan di sebuah kafe akhirnya dipindah ke kantor gubernur.

"Dengan alasan pertimbangan keamanan seperti itu, dibikin di kantor gubernur saja kan pengamanannya jadi gampang. Agendanya tetap terlaksana, cuma tempatnya saja yang dipindah," ujarnya.

Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado.Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado. Foto: Dokumen Polda Sulut


Bambang menyampaikan, massa menolak Fahri Hamzah karena dinilai intoleran. Dalam aksinya, massa juga membawa spanduk berisi suara tuntutan mereka.

"Intinya dia (Fahri) itu dibilang (oleh massa) tidak toleran, begitulah, ini pasti pengaruh dari Jakarta, di sini kan masyarakatnya religius, baru menyalakan sejuta lilin, dia (Fahri) selama ini dibilang orang sini agak intoleran," ujarnya.

Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado.Massa menolak kedatangan Fahri Hamzah di Manado. Foto: Dokumen Polda Sulut


Sementara itu, lanjut Bambang, tiga anggota polisi terluka akibat dilempar batu. Saat itu, massa hendak merangsek masuk kantor gubernur, petugas yang menghalau massa kemudian mendapat pelemparan.

Bambang menegaskan, saat ini kondisi di kantor gubernur maupun Bandara Sam Ratulangi sudah kondusif. Arus lalu lintas juga lancar kembali.

"Imbauan saya, saya ucapkan terima kasih ke warga Manado dalam artian masih mau dikasih tahu petugas, bahwa betul-betul beliau ini kan kunjungan kerja resmi ke sini dan hari ini juga harus kembali ke Jakarta. Tapi semua sudah diamankan," tuturnya.
(idh/erd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed