DetikNews
Sabtu 13 Mei 2017, 01:29 WIB

Tip Polisi Siber untuk Antisipasi Serangan Hacker

Audrey Santoso - detikNews
Tip Polisi Siber untuk Antisipasi Serangan Hacker Foto: Kacper Pempel/Reuters
Jakarta - Dua pekan belakangan, masyarakat dihebohkan oleh ulah hacker yang meretas beberapa situs perusahaan. Terkait serangan retas, Direktorat Siber Bareskrim Polri membagikan tip untuk mengantisipasinya.

"Hal paling sederhana adalah penggunaan antivirus," kata Direktur Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran kepada detikcom, Jumat (12/5/2017).

Penggunaan antivirus bertujuan mencegah masuknya software atau aplikasi yang tidak diinginkan ke dalam sistem elektronik. "Juga pasang firewall yang up-to-date untuk menjaga sistem elektronik," imbuh Fadil.

Fadil mengungkapkan juga tentang pentingnya membuat kata sandi atau password yang tidak mudah ditebak atau dipikirkan orang lain.

"Sangat penting dalam kekuatan control access suatu sistem elektronik. Pengamanan sistem elektronik merupakan hal yang paling kritis," ujar dia.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya ini mengibaratkan keamanan sistem elektronik sama dengan keamanan rumah.

"Keamanan rumah tersebut akan sangat tergantung kunci yang digunakan, ada-tidaknya CCTV, serta satpam yang siap siaga selama 24 jam," tutup Fadil.
(aud/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed