DetikNews
Jumat 12 Mei 2017, 16:30 WIB

Ingat Pesan JK, Sandiaga: Jangan Campurkan Politik dan Usaha

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ingat Pesan JK, Sandiaga: Jangan Campurkan Politik dan Usaha Wagub terpilih DKI Sandiaga Uno (Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno menyarankan para pengusaha tidak berpolitik. Dia mengatakan, menggabungkan kegiatan bisnis dan politik akan sarat dengan konflik kepentingan.

"Penguasa dan pengusaha tidak bisa sama. Karena benturan kepentingannya terlalu besar. Makanya saya melarang teman-teman saya berpolitik kecuali usahanya sudah benar-benar besar," kata Sandiaga dalam seminar wirausaha di STEI Tazkia, Sentul, Bogor, Jumat (12/5/2017).

Sandiaga mengaku mendapatkan nasihat mengenai hal tersebut dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) agar tak mencampurkan usaha atau masalah dagang dengan politik. Ia khawatir, apabila pengusaha yang masih aktif dalam dunia bisnis masuk ke politik, itu akan mengakibatkan politik transaksional.

"Saya ingat Pak JK selalu mengingatkan saya jangan mencampurkan politik dengan dagang. Politik bagus, dagang bagus, tapi harus sendiri-sendiri. Karena nanti bisa jadi kita memperdagangkan politik dan mempolitikkan dagang. Tidak boleh," tukasnya.

Sandiaga mengajak para aktivis antikorupsi mengawal pemerintahannya dengan gubernur terpilih DKI Anies Baswedan nanti, agar jauh dari konflik kepentingan. Ia juga berkomitmen melepaskan kewenangan yang dimilikinya pada PT Aetra.

"Saya mengundang semua aktivis antikorupsi untuk memelototi bagaimana proses pengambilan keputusan mengenai PT Aerta. Saya sendiri akan menarik diri dan tidak akan mempunyai andil khusus mengenai perusahaan tersebut," aku Sandiaga.

Seperti diketahui, Sandiaga memiliki PT Aetra, yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Perusahaan tersebut menyediakan air bersih di berbagai wilayah di Jakarta.
(fdu/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed