DetikNews
Jumat 12 Mei 2017, 13:57 WIB

Wiranto: HTI Nyata-nyata Mengancam Kedaulatan Negara

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Wiranto: HTI Nyata-nyata Mengancam Kedaulatan Negara Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom
FOKUS BERITA: Pemerintah Bubarkan HTI
Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto kembali menggelar jumpa pers terkait dengan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Wiranto menegaskan HTI mengancam kedaulatan negara.

"Aktivitas HTI nyata-nyata mengancam kedaulatan negara," kata Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017).



Wiranto mengatakan aktivitas yang mengancam kedaulatan negara itu bisa dilihat dan diamati langsung dari kegiatan-kegiatan HTI di lapangan. Gerakan politik HTI, kata Wiranto, mengusung ideologi khilafah.

"Barangkali masyarakat tidak paham ideologi khilafah. Khilafah itu bersifat transnasional. Transnasional itu artinya berdedikasi meniadakan nation state, meniadakan negara bangsa untuk mendirikan pemerintahan Islam dalam konteks yang lebih luas lagi," kata mantan Panglima ABRI ini.

Wiranto juga menyebut Hizbut Tahrir sudah dilarang di sejumlah negara. Berdasarkan informasi yang dia himpun, sudah ada 20 negara yang melarang Hizbut Tahrir, termasuk negara-negara Timur Tengah yang berasaskan Islam. Namun Wiranto belum berbicara tentang progres pembubaran HTI.
(tor/try)
FOKUS BERITA: Pemerintah Bubarkan HTI
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed