detikNews
Kamis 11 Mei 2017, 18:54 WIB

Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh Segera Diresmikan Wapres JK

Agus Setyadi - detikNews
Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh Segera Diresmikan Wapres JK Masjid Baiturrahman, Banda Aceh (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Wajah baru Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, memiliki 12 payung ala Masjid Nabawi di Arab Saudi. Rencananya, masjid tersebut akan segera diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Berdasarkan informasi dari Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin, Masjid Raya Baiturrahman akan diresmikan pada Sabtu (13/5) lusa. Diperkirakan rombongan Wapres JK akan mendarat di bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang pada Sabtu (13/5) pukul 09.00 WIB.

"Jusuf Kalla yang juga ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) dipastikan akan meresmikan wajah baru Masjid Raya Baiturrahman yang kini telah dilengkapi dengan 12 payung elektrik seperti masjid Nabawi," kata Mulyadi dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (11/5).

Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh Segera Diresmikan Wapres JKFoto: Agus Setyadi/detikcom
Usai meresmikan Masjid Baiturrahman, JK akan langsung meninggalkan Aceh sekitar pukul 13.00 WIB. Menurut Mulyadi, setelah diresmikan penggunaannya nanti, masjid raya mampu menampung 24 ribu jemaah, baik di dalam maupun luar masjid. Selama ini, hanya mampu 9 ribu jemaah yang dapat melaksanaan ibadah di dalam masjid.

Baca juga: Salat Jumat Perdana di Banda Aceh dengan Payung Ala Masjid Nabawi

Selain itu, saat ini tempat wudu Masjid Raya berjumlah 288 titik dan berada di basement. Area parkir yang juga terletak di basement disebutkan mampu menampung 254 mobil dan 347 motor.

"Sekarang koridor basement-nya juga tampak sangat mewah dengan dinding dan lantai marmer serta motif pintu Aceh, belum lagi adanya eskalator sebanyak empat unit," jelas Mulyadi.

"Saat ini proses penyediaan ruang terbuka hijau juga telah dilakukan dengan penanaman 32 batang pohon kurma serta menanam kembali satu batang pohon kohler yang dipotong saat proses renovasi pada tempat semula," ungkapnya.
(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com