DetikNews
Rabu 10 Mei 2017, 18:42 WIB

Bonn Challenge di Sumsel, Bahas Kebakaran Lahan hingga Restorasi

Raja Adil Siregar - detikNews
Bonn Challenge di Sumsel, Bahas Kebakaran Lahan hingga Restorasi Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto: dok. panitia Bonn Challenge)
Palembang - The 1st Asia Bonn Challenge High Level Meeting digelar di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), hari ini, Rabu (10/5/2017). Acara diikuti 28 delegasi negara se-Asia-Pasifik. Isu kebakaran lahan dan restorasi hutan jadi pembahasan utama.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan pihaknya bertekad mencegah kebakaran hutan dan lahan. Untuk eks kawasan yang terbakar, Pemprov siap melakukan restorasi. Butuh waktu bertahun-tahun dan dana yang tak sedikit untuk program tersebut.

"Restorasi bukan hal mudah. Kita senang mendapat dukungan banyak pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel," terang Alex dalam pembukaan the 1st Asia Bonn Challenge High Level Meeting di hadapan para delegasi di Griya Agung Palembang, Rabu (10/5/2017).

Ditambahkan Alex, Pemerintah Sumsel berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi hijau dan Persetujuan Paris mengenai perubahan iklim. Salah satu poin Persetujuan Paris adalah membatasi kenaikan suhu global di bawah 2 derajat Celsius dari tingkat praindustri dan melakukan upaya pembatasan hingga di bawah 1,5 derajat Celsius.

Bonn Challenge di Sumsel Bahas Kebakaran Lahan hingga RestorasiFoto: Dok Panitia Bonn Challenge

Di forum Bonn Challenge, Pemerintah Sumsel mengusulkan pendirian lembaga pendanaan berkelanjutan. Program ini digunakan untuk mendukung rencana pembangunan strategis provinsi terkait mata pencarian dan kesejahteraan rakyat, perubahan iklim, jasa lingkungan, perlindungan keanekaragaman hayati, dan konservasi ekosistem.

"Kita berharap Bonn Challenge menjadi potensi memulai networking, membangun kolaborasi, dan mengembangkan kesempatan untuk mendukung komitmen Sumsel dalam mencapai pertumbuhan hijau," harapnya.

Bonn Challenge di Sumsel Bahas Kebakaran Lahan hingga RestorasiFoto: Dok Panitia Bonn Challenge

Sebelum pertemuan hari ini, ada penanaman kembali lahan gambut di Ogan Komering Ilir (OKI) yang terbakar dan pameran sebagai rangkaian Bonn Challenge. Bonn Challenge sendiri merupakan organisasi yang diluncurkan dengan difasilitasi Kementerian Lingkungan Hidup Jerman dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) di Kota Bonn, Jerman. Fokusnya adalah pembangunan desa dan keamanan air dan pangan, kontribusi terhadap isu perubahan iklim.
(try/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed