Bertolak ke Wamena, Jokowi Tinjau Jalan Trans Papua

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 10 Mei 2017 08:31 WIB
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Wamena - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih dalam rangkaian kunjungan kerja lintas Nusantara dan berada di Papua. Setelah dari Jayapura, Jokowi menuju Wamena di Kabupaten Jayawijaya.

Presiden Jokowi berangkat menuju Wamena.Presiden Jokowi berangkat menuju Wamena. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)


Jokowi berangkat dari Bandara Sentani, Jayapura, sekitar pukul 09.30 WIT, Rabu (10/5/2017), dengan pesawat Kepresidenan RJ-85. Dia didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri. Mereka tiba di Wamena sekitar pukul 10.10 WIT dan langsung disambut tarian adat.

Jokowi akan meninjau proyek pembangunan jalan Trans Papua. Dia ingin jalur darat di Papua tersambung untuk menguatkan kegiatan ekonomi masyarakat.


Presiden Jokowi rencananya akan meninjau pembangunan Trans Papua.Presiden Jokowi akan meninjau pembangunan Trans Papua. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)


"Trans Papua kan dari Sorong, Manokwari, Jayapura, sampai Merauke. Kalau Merauke lewat bawah. Panjangnya 4.330-an km yang belum tersambung sekarang sekitar 12 km di Papua Barat dan 467 km di Papua, sisanya sudah tembus," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.


 Jalan yang akan ditinjau Jokowi adalah jalur dari Wamena menuju Mamugu. Rencananya, Presiden Jokowi akan naik motor trail saat meninjau jalur dari Wamena menuju Mamugu. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)


Jalan yang akan ditinjau Jokowi adalah jalur dari Wamena menuju Mamugu. Nantinya, Jokowi akan naik motor trail di jalur itu.

"Dari Wamena ke Habema panjangnya 280 km, sudah tembus semua, hanya ada 2 jembatan panjang yang lainnya 35 jembatan lagi," tutur Basuki.

[Gambas:Video 20detik]

(bag/aan)