Pesan Ahok untuk Djarot: Pelayanan Harus Tetap Baik dan Meningkat

Bisma Alief Laksana - detikNews
Selasa, 09 Mei 2017 16:08 WIB
Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menceritakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sangat tegar dan tetap bersemangat meski ditahan di Rutan Cipinang. Ahok berpesan agar pelayanan untuk warga Jakarta bisa meningkat.

"Tadi beliau (Ahok) sangat tegar, sehat, dan tetap semangat," kata Djarot di gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2017).

Djarot mengaku mendapat pesan dari Ahok. "Kemudian (Ahok) pesan supaya pelayanan yang kita kerjakan selama ini harus tetap baik, bisa meningkat. Itu saja," ujar dia.

Djarot kembali menegaskan dirinya akan mengajukan penangguhan penahanan untuk Ahok. "Kami sudah siapkan penangguhan penahanan," ucap Djarot.

Ahok divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim, yang dipimpin oleh Dwiarso Budi Santiarto. Majelis hakim menyatakan Ahok terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Mejelis hakim juga memerintahkan Ahok ditahan.

Terkait dengan vonis dan penahanan Ahok, Mendagri Tjahjo Kumolo menunjuk Djarot sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. Djarot akan menjabat Plt Gubernur hingga akhir masa jabatannya pada Oktober 2017 atau keputusan hukum terkait Ahok bersifat final alias inkrah.

"Sore ini jam 16.30 di Balai Kota DKI, sebagai Mendagri atas nama pemerintah pusat memberikan surat penugasan kepada Wagub DKI Djarot sebagai pelaksana tugas Gubernur DKI," kata Tjahjo. (aan/fdn)