Ditunjuk Jadi Plt Gubernur, Djarot: Saya Siap Handle Tugas Ahok

Akhmad Mustaqim - detikNews
Selasa, 09 Mei 2017 15:29 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Djarot Saiful Hidayat ditunjuk Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta setelah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) divonis 2 tahun penjara. Djarot siap menghandle tugas-tugas Ahok memimpin Ibu Kota.

"Yang jelas tugas pemerintahan tidak boleh berhenti tetap harus berjalan, tidak boleh ada vacum of Power. Kalau Pak Ahok ada di dalam maka saya harus siap untuk aktif untuk menghandle tugas beliau. Ya jadi kalau persoalan seperti itu tolong disampaikan ke Mendagri karena akan menunggu keputusan dari Mendagri," kata Djarot usai bertemu Ahok di Rutan Cipinang, Jalan Raya Bekasi Timur, Jakarta Timur, Selasa (9/5/2016).

Djarot juga siap menjalankan tugas sesuai keputusan Mendagri. Dia mengaku belum mengetahui rencana pengambilan sumpah jabatan sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta kelak.

"Saya belum tahu kalau proses seperti itu tolong nanti disampaikan kepada Kemendagri. Nanti Kemendagri akan memberi keputusan dan keputusan apapun yang diberikan Mendagri kami siap," ujar Djarot yang terbalut baju dinas warna coklat itu.

Mendagri menunjuk Djarot sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta menyusul vonis 2 tahun Ahok. Djarot akan menjabat sebagai Plt Gubernur hingga masa akhir jabatannya pada Oktober 2017 atau keputusan hukum terkait Ahok bersifat final alias inkrah.

"Sore ini jam 16.30 di Balai Kota DKI, sebagai Mendagri atas nama pemerintah pusat memberikan surat penugasan kepada Wagub DKI Djarot sebagai pelaksana tugas gubernur DKI," kata Tjahjo. (aan/fdn)