Pendukung Ahok Berkumpul di Depan Rutan Cipinang

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Selasa, 09 Mei 2017 14:36 WIB
Massa pendukung Ahok berkumpul di depan Rutan Cipinang. (Edward/detikcom)
Jakarta - Massa pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berkumpul di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Mereka hendak memberikan dukungan kepada Ahok yang dinyatakan bersalah dan ditahan di rutan tersebut.

Pantauan detikcom, Selasa (9/5/2017), massa yang banyak mengenakan kemeja motif kotak-kotak itu tiba sekitar pukul 14.00 WIB di depan Rutan Cipinang, Jl Raya Bekasi Timur, Jakarta Timur. Mereka kemudian masuk ke halaman parkir rutan.
Massa pendukung Ahok berkumpul di depan Rutan Cipinang.Massa pendukung Ahok berkumpul di depan Rutan Cipinang. Foto: Edward/detikcom

Tak lama kemudian, massa terus berdatangan. Sebagian massa yang sudah berada di halaman parkir rutan langsung keluar bergabung dengan massa yang ada di Jalann Raya Bekasi Timur depan rutan tersebut.

Massa banyak yang membawa atribut motif kotak-kotak dan bendera Merah Putih. Beberapa bendera ada yang dipasang setengah tiang.

Massa juga membawa dua unit mobil 'komando' yang dilengkapi dengan pengeras suara. Mobil itu diparkir di jalur TransJakarta (busway) dan dijadikan panggung orasi.

"Relawan bersatu, bebaskan Ahok!" seru salah seorang orator.
Massa pendukung Ahok berkumpul di depan Rutan Cipinang.Massa pendukung Ahok berkumpul di depan Rutan Cipinang. Foto: Edward/detikcom

Untuk diketahui, di jalan tersebut juga sedang berlangsung proyek pembangunan fly over. Dengan berkumpulnya massa, ditambah pembangunan fly over, kemacetan kendaraan pun tak terhindari.

Meski demikian, beberapa pendukung Ahok tampak berusaha mengatur arus lalu lintas. Sementara itu, petugas kepolisian tampak berjaga-jaga di halaman parkir rutan. (jor/erd)