Daftar Negara-negara yang Larang Hizbut Tahrir

Niken Purnamasari - detikNews
Selasa, 09 Mei 2017 08:54 WIB
Halaman ke 9 dari 9
9.

Indonesia

Daftar Negara-negara yang Larang Hizbut Tahrir
Pemerintah Berencana Bubarkan HTI (Foto: Ari Saputra-detikcom)

Menyusul jejak negara-negara tersebut, pemerintah Indonesia pada hari ini mengumumkan keputusan untuk pembubaran HTI. Pembubaran akan ditempuh melalui mekanisme di pengadilan. Menko Polhukam Wiranto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, serta ciri dalam Pancasila dan UUD 1945.

"Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Menkopolhukam Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (8/5/2017).

Sementara itu, Juru Bicara HTI, Ismail Yusanto, menyayangkan sikap pemerintah memutuskan membubarkan organisasinya. Ia menyebut HTI adalah organisasi yang legal yang berbadan hukum sah.

Dia juga menilai selama ini HTI tidak pernah melakukan perbuatan yang melanggar hukum. "Kita ini legal dan tertib dan damai. Praktis tidak pernah menimbulkan permasalahan hukum," tuturnya.

Dia juga heran tiba-tiba saja pemerintah berencana untuk melakukan pembubaran. Karena selama ini belum ada pemberitahuan dari pemerintah kepada mereka.

(nkn/rvk)