DetikNews
Senin 08 Mei 2017, 15:37 WIB

Pasukan Oranye dkk akan Punya Sertifikat Profesional

Dewi Irmasari - detikNews
Pasukan Oranye dkk akan Punya Sertifikat Profesional Pemprov DKI meneken kerja sama dengan pihak swasta untuk sertifikasi pasukan oranye dkk. (Dewi Irmasari/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan pihak swasta untuk sertifikasi profesional di bidang pengecatan bagi para pekerja harian lepas (PHL) Pemprov DKI. Lewat kerja sama itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ingin petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan PHL punya sertifikat profesi.

"Saya ingin saudara dari PPSU keluar sertifikat. Karena kalau punya sertifikat, direkrut kerja di pemda pun ada ukurannya. Jadi kita ingin semua disertifikat," ujar dia dalam sambutannya di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Di depan para peserta pelatihan, Ahok ingin PPSU dan PHL dapat bekerja secara mandiri meskipun masa kontraknya sebagai PPSU atau PHL telah habis. Ahok pun yakin, bila dilatih, para pekerja tersebut bisa mengecat dengan baik.

"Sehingga saudara yang di PPSU atau PHL itu betul-betul mandiri. Kalau sekarang mau cat rumah, dipanggil, mau berapa kali cat? Kadang-kadang catnya belum tentu bagus, tapi kalau dilatih, pasti bisa," ujar Ahok.

Acara simbolik peresmian kerja sama untuk sertifikasi pasukan oranye dkkAcara simbolik peresmian kerja sama untuk sertifikasi pasukan oranye dkk (Dewi Irmasari/detikcom)

Ahok mengaku memilih bekerja sama dengan pihak swasta untuk menyelenggarakan pelatihan seperti ini, salah satunya, untuk menghindari praktik sogok-menyogok. Bila diurus pihak swasta, penilaian para peserta pun bisa lebih objektif.

"Kalau saya pakai sistem pemerintah yang melatih, bisa saja sogok-menyogok. Kerja sama dengan swasta, beliaulah yang akan menentukan, saudara ini lulus atau tidak lulus. Kalau jam pertama saja sudah malas, langsung keluarkan. Masih banyak orang yang ngantri. Nah dengan pengolahan ini, langsung sertifikat. Badan sertifikasi nasional loh. Saudara bisa bekerja di luar daerah loh karena sertifikat," ucap Ahok.
(irm/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed