DetikNews
Senin 08 Mei 2017, 12:32 WIB

Updated

Hotma Sitompul Serahkan Honor dari Kemendagri USD 400 ribu ke KPK

Rina Atriana - detikNews
Hotma Sitompul Serahkan Honor dari Kemendagri USD 400 ribu ke KPK Hotma Sitompul saat diperiksa KPK (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Jakarta - Hotma Sitompul mengembalikan honor yang diterimanya saat menjadi pengacara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan pengurusan lelang e-KTP ke KPK. Pengembalian uang USD 400 ribu itu dilakukan setelah Hotma mendapat informasi dari penyidik KPK kalau uang tersebut bukan berasal dari Kemendagri.

"Pada waktu di-BAP diperiksa oleh KPK, katanya itu tidak dari Depdagri, saya rasa itu tidak terhormat untuk diterima," kata Hotma saat bersaksi untuk terdakwa Irman dan Sugiharto dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2017).

Hakim Emilia Djajasubagja lantas bertanya kepada Hotma soal dipastikan-tidaknya sumber fee atas pekerjaan yang diterima. Hotma menjawab hal tersebut tak dilakukan.

"Ada kewajiban menanyakan sumber fee dari mana?" tanya hakim.

"Tidak ada," jawabnya.

Hotma hanya menegaskan pihaknya langsung mengembalikan uang yang diterimanya ketika tahu bukan berasal dari Kemendagri, selaku pihak yang memberi kuasa.

"Pada waktu kita katanya sumber dananya bukan dari Kemendagri, kami berbesar hati, di kantor kami kembalikan saja, itu soal kehormatan kami," ucapnya.

Hotma menerima fee USD 400 ribu dan Rp 150 juta saat diberi kuasa oleh Sugiharto terkait dengan surat-menyurat lelang proyek e-KTP. Fee diterima melalui anak buahnya, Mario. Sedangkan uang Rp 150 juta masih berada di kantor Hotma.
(rna/fjp)
FOKUS BERITA: Sidang Lanjutan e-KTP
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed