DetikNews
Sabtu 06 Mei 2017, 00:11 WIB

Cerita Anies Soal Sejumlah Warga Jakarta yang Menginspirasi

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Cerita Anies Soal Sejumlah Warga Jakarta yang Menginspirasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat menyampaikan Pidato di Museum BI, Jumat (5/5). (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan berikhtiar akan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk membangun Jakarta. Menurutnya mereka bisa ditemukan dari sebuah kampung di belakang hotel mewah.

"Saya pernah blusukan ke sebuah kampung Tongkol namanya, kampungnya bersih, sehat dan bersahabat dengan alam meski berada di tengah ancaman penggusuran," kata Anies saat menyampaikan pidato politiknya di Museum BI, Jakarta Barat, Jumat (5/5/2017).

"Tapi mereka bisa menata kampungnya dan menggeser rumah mereka sehingga tertata, bahkan mereka bisa membersihkan pinggiran kali tempat mereka tinggal. Mereka adalah contoh warga yang memang miskin tapi mereka bisa berpikir jernih untuk merubah image kampung yang kumuh menjadi bersih dan nyaman," sambungnya.

Menurut Anies, mereka berani menolak menjadi obyek pembangunan yang tidak manusiawi. Pembangunan disebutnya tidak dengan memarjinalkan warganya. Selain menemukan kampung yang bisa tertata rapi tanpa harus digusur, dia juga bercerita pernah bertemu dengan warga yang mampu mendirikan sekolah sederhana untuk membantu pendidikan anak-anak.

"Kita juga bertemu dengan Salim Abdullah, dia memilih meninggalkan pekerjaannya dan kenikmatan dunia dengan mendirikan sekolah di belakang hotel mewah bagi anak-anak miskin," ujar Anies.

"Cita-citanya sederhana di mana dia ingin menghapus kemiskinan ilmu di Jakarta, 20 tahun dia melakukan itu ditempat yang sunyi jauh dari tepuk tangan, maka kita akan hadir untuk bersama-sama mewujudkan cita-citanya," imbuh mantan Mendikbud itu.

Anies menambahkan kalau pasangannya di Pilgub DKI, Sandiaga Uno, pernah bertemu dengan sosok warga difabel yang terus berjuang dan menolak untuk dikasihani. Menurutnya, dengan semangat itulah pemerintah harus hadir dan berkolaborasi dengan warganya.

"Untuk itulah gubernur dan wakil gubernur hadir sebagai pengembang amanah. Kita ingin mewujudkan Jakarta, rumah kita bersama, karena kita mengemban amanah dari mereka-mereka yang menitipkan harapannya kepada kami," sebut Anies.

"Kita ingin seluruh Jakarta saling membantu membangun kebhinekaan dan cita-cita luhur bangsa. Bersama gubernur bukan jadi administrator bagi warganya, bersama kami juga bukan sekedar penyedia jasa, tapi kami ingin berkolaborasi antara pemerintah dengan warganya," tutupnya.
(adf/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed