ADVERTISEMENT

Presiden PKS Titipkan Pesan 5S untuk Anies-Sandi

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Jumat, 05 Mei 2017 21:17 WIB
Sohibul Iman (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menitipkan pesan 5S kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno serta simpatisan. Menurut dia, pemenang sebenarnya adalah warga Jakarta.

"Kita bersyukur bahwa hari ini, tadi siang, tepatnya KPUD sudah mengumumkan hasil akhir Pilkada DKI di mana secara jelas yang unggul adalah pasangan no 3. Tapi meski pemenangnya adalah Anies-Sandi, sesungguhnya yang menang adalah rakyat Jakarta," kata Sohibul dalam sambutannya di Museum Bank Indonesia, Jalan Lada No 3, Jakarta Barat, Jumat (5/5/2017).

Hal ini disampaikan saat acara pidato kebangsaan bertajuk 'Pesan Persatuan Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno Menuju Satu Jakarta, 'Maju Kotanya, Bahagia Warganya'. Menurut Sohibul, mulai malam ini tidak ada lagi salam 3 jari, melainkan 5 jari, yang berarti salam kebersamaan.

"Tidak salam no 3 jari lagi, tapi 2 tambah 3 sama dengan 5, yang artinya salam kebersamaan, persatuan kita semua," ujar Sohibul.

Ada lima pesan yang dititipkan Sohibul yang kemudian disingkat menjadi 5S. Pesan ini dititipkan karena kemenangan Anies-Sandi merupakan kemenangan rakyat Jakarta.

"S pertama itu syukur yang ditandai dengan kerendahan hati bagi kita, karena kemenangan ini merupakan karunia bagi kita di mana yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan keyakinan dan kerja keras bersama. Kedua, siaga, karena kita harus tetap bersiaga menjaga amanah janji-janji mereka karena itu bukan hanya janji saja, tapi kita juga siap bekerja membantu pelayanan Jakarta," ucap Sohibul.

S ketiga, menurut Sohibul, adalah sambung kebersamaan. "Di mana kita harus kembali menjalin kesatuan dan persatuan. Baik kepada mereka yang kemarin tidak memilih harus tetap dihormati."

"Pilkada bukan ajang permusuhan, tapi kompetisi kita semua untuk memberikan kontribusi yang optimal bagi rakyat Jakarta. Karena semua warga itu yang akan dilayani oleh pemimpin baru Jakarta. Keempat, mari kita suarakan optimisme untuk membangun Jakarta yang baru," tuturnya.

"S terakhir adalah sabar, karena kita sudah berikhtiar. Tapi mungkin masih ada pihak-pihak yang tidak mau membangun Jakarta, maka kita semua harus bersabar dari semua hasutan dan yang harus dicamkan adalah kesabaran kita nantinya akan sampai pada tujuan berbahagia, yaitu maju kotanya dan bahagia warganya," ujar Sohibul.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi Mardani Ali Sera, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie (Ical). (adf/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT