Heboh Aksi Kabur Tahanan dari Penjara yang Bikin Gempar Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
Jumat, 05 Mei 2017 18:55 WIB
Heboh Aksi Kabur Tahanan dari Penjara yang Bikin Gempar Dunia
Foto: Istimewa

Aksi ini bisa disebut yang paling fenomenal dalam sejarah. Bayangkan saja, Alcatraz, penjara yang dengan pengamanan paling ketat di dunia bisa 'dirobohkan' oleh kawanan tahanan Frank Morris, Allen West, Clarence Anglin dan John Anglin pada 1962. Mereka berempat ada di dalam satu sel yang sama.

Lubang yang dibuat oleh 4 tahanan di Alcatraz. Foto: FBI


Persiapan mereka untuk kabur dari Alcatraz terbilang matang. Ketiganya tidak menggunakan alat atau benda-benda yang rumit untuk dapat kabur dari penjara kelas kakap tersebut. Bermodalkan sendok, kertas, sabun, jas hujan serta rambut, mereka berhasil kabur.

Dummy kepala yang dibuat dari sabun, kertas dan rambut. Foto: FBI

Mereka menghabiskan waktu tiga bulan untuk menggali terowongan dari beton yang ada di dalam sel. Caranya dengan menggunakan sendok yang telah dipertajam. Supaya tidak ketahuan petugas, mereka melakukannya saat musik disetel di dalam penjara.

Frank, salah satu tahanan yang berhasil kabur. Foto: FBI

Selain itu, mereka juga menggunakan sabun, kertas dan rambut untuk membuat tiruan kepala manusia yang ditaruh di tempat tidur. Tibalah waktu mereka untuk kabur. Frank, Clarence dan John berhasil kabur lewat terowongan yang telah mereka gali. Namun sayang Allen tidak dapat masuk.

Ketiga kawanan tahanan kabur melalui jendela ventilasi di atap dan mencapai tepi air. Mereka membuat sebuah alat rakit tiup yang terbuat dari jas hujan menuju ke sebuah pulau. Satu bulan setelah kejadian, seorang petugas di Jembatan Bridge menemukan mayat yang mengapung di sungai. Dari ciri-ciri mayat, diduga mayat itu salah satu dari trio tahanan yang kabur tersebut.